21 April 2024 - 21:08 21:08

Diterjang Longsor, Rumah Warga di Gunungkidul Rata dengan Tanah

wartapenanews.com – Bencana tanah longsor teejadi di Kapanewon Gedangsari Gunungkidul, Selasa (14/2/2023) dinihari. Akibatnya, sebuah rumah roboh rata dengan tanah diterjang material longsoran. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono menuturkan tanah longsor itu terjadi i dusun Suruh Rt 01 Rw 12 Kelurahan Hargomulyo Kapanewon Gedangsari. Longsor itu terjadi Selasa dinihari sekira pukul 00.15 WIB ini menimpa rumah Maryadi warga setempat.

Menurutnya hujan dengan intensitas lebat dan durasi lama yang terjadi sejak Senin (13/2/2023) siang memicu tanah longsor di wilayah Gedangsari. Selain menimpa rumah warga, tanah longsor masih mengancam karena tanah di atasnya masih labil.

“Tanah di atasnya masih labil dan banyak pepohonan,”terangnya, Selasa pagi.

Purwono menambahkan berdasarkan keterangan warga setempat, Selasa sekitar jam 24.00 tengah malam terdengar suara gemuruh. Suara tersebut seperti suara batu pada berjatuhan di belakang rumah salah seorang warga

Keluarga Maryadi (45) yang berada di bawahnya kemudian langsung lari ke luar rumah. Keluarga yang berjumlah 5 orang ini berhasil menyelamatkan diri dari hantaman tanah longsor.

“Seluruh keluarga selamat tapi material longsoran menimpa rumah pak Maryadi,”ujar dia

Akibatnya rumah milik Maryadi roboh rata dengan tanah. Berbagai barang milik keluarga Maryadi turut tertimbun material longsoran. Untuk sementara keluarga Maryadi diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Maryadi dan keluarganya kini tinggal di rumah adiknya yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi rumahnya yang roboh. Pagi ini, rencananya warga bersama dengan relawan akan membersihkan puing-puing rumah.

“Kami akan memotong pohon dan ada beberapa skenario lainnya. Kami kerahkan relawan,”tambahnya

Rencananya BPBD bakal membuat Rumah sementara sembari mengkaji lokasinya. Mengingat masih adanbPotensi Ancaman susulan karena tanah yang masih labil dan pepohonan di atas lokasi cukup banyak.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03