29 April 2024 - 18:49 18:49

Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian Terus Dorong Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Kabupaten Sambas

WARTAPENANEWS.COM –   Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan dan perkembangan wirausaha baru IKM sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan mendukung ekonomi nasional. Salah satunya melalui kegiatan Bimbingan Teknis Wirausaha Baru IKM di Kab. Sambas. Kegiatan bimbingan teknis dirancang untuk memberikan pengetahuan teknis dasar dalam membuat produk potensi daerah dengan memanfaatkan bahan baku yang ada dan memberikan pengetahuan tentang bagaimana berwirausaha.

Perwakilan dari Direktorat Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan, Kementerian Perindustrian, Ibu Enti Nurmaryati Utami mengatakan, “Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kab. Sambas pada tahun 2022 meningkat dibandingkan 2 tahun terakhir yaitu mencapai 5,08%, sehingga perlu adanya upaya untuk menumbuhkan wirausaha IKM sebagai salah satu solusi”. Industri Pengolahan tercatat merupakan lapangan usaha tiga terbesar dalam menyumbang PDRB Kab. Sambas yang mencapai 2.982.617 juta rupiah (BPS, 2022) sehingga pertumbuhan IKM di Kab. Sambas selain dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja juga peningkatan perekonomian setempat.

Komisi VII DPR RI Bp. Maman Abdurrahman yang diwakili oleh Tenaga Ahli nya hari ini, Bapak Moh. Jalaludin Jibril, S.IP, M.Sos Mengatakan, “Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Perindustrian, Komisi VII DPR RI, dan Pemerintah daerah untuk mendorong penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM yang telah diselenggarakan dalam 3 tahun terakhir”.

Bapak Jibril juga mengatakan, “Sektor potensial di Kabupaten Sambas salah satunya adalah sektor perikanan yang didukung dengan panjang garis pantai dan budidaya perikanan setempat yang mana pada tahun 2019 subsektor perikanan laut mencapai 13.500 ton dan budidaya mencapai 8.105 ton. Hal ini menjadi modal besar untuk tumbuhnya IKM pengolahan ikan, sehingga adanya penambahan nilai yang lebih besar dari hasil perikanan setempat. Selain itu juga ada produk tenun dan anyaman yang berciri khas Kabupaten Sambas”.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sambas, Bapak Hermanto mengatakan, “Kami mendukung dan akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan membina wirausaha baru yang tercipta sehingga IKM yang tumbuh dapat berkembang”.

Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Kabupaten Sambas – Kalimantan Barat dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 27 – 30 Agustus 2023 di Hotel Panturan Jaya Sambas, Kalimantan Barat. Terdiri dari 7 (tujuh) kegiatan, antara lain: Bimbingan Teknis Motif dan Pewarnaan Alam WUB IKM Tenun, Bimbingan Teknis WUB IKM Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT), Bimbingan Teknis WUB IKM Anyaman Daun Pandan, Bimbingan Teknis WUB IKM Service Elektronik, Bimbingan Teknis WUB IKM Bengkel Las, Bimbingan Teknis WUB IKM Makanan Ringan berbasis Hasil Laut, dan Bimbingan Teknis WUB Kopi Barista. Peserta kegiatan sebanyak 20 orang untuk masing – masing judul kegiatan dengan total keseluruhan 140 orang peserta.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03