29 March 2024 - 13:50 13:50

Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR Gerak Cepat Implementasikan Kebijakan

WartaPenaNews, Jakarta-Meskipun baru dibentuk melalui Peraturan Presiden (Perpres) pada akhir tahun lalu, tim Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumah­
an (DJPI) langsung bergerak cepat untuk mengimplementasikan kebijakan Kementrian PUPR.

Gerak cepat DJPI ini disampaikan langsung oleh Eko D Heripoerwanto saat jumpa pers mingguan dalam rangkaian PUPR Expo 4.0 Kementerian PUPR di Ja­karta, Jumat (3/8). Heri menyampaikan bahwa ia me­nempatkan orang-­orang yang memiliki pengalaman mumpuni di pos­pos tiap direktoratnya.

“Selain menjalankan tugas dan fungsi Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan, Direk­torat ini juga siap melanjutkan tugas dan fungsi Direktorat Jen­deral Pembiayaan Perumahan. Kami pastikan bahwa di Direk­torat Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan, kami menempatkan orang-­orang yang dulu paham urusan itu, sehingga tidak perlu belajar lagi,” tegasnya.

Secara organisasi, DJPI melibatkan sebagian unit organisasi lain di Kementerian PUPR untuk dapat memberikan layanan yang lebih baik dan terintegrasi. Tidak hanya itu, dalam pe­maparan sebelumnya ditegaskan Heri bahwa perubahan organisasi tidak membuat le­pasnya tanggung jawab terha­dap pelaksaan misi Pemerintah untuk membantu pembiayaan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Kenapa kemudian direktorat jenderal ini perlu ada, karena kita melihat bahwa di dalam Visium PUPR 2020 posisi sampai tahun 2024 itu kebutuhan anggaran untuk penyediaan infrastruktur adalah sebesar Rp 2.058 triliun,” ujar Heri.

Adapun jumlah kebutuhan anggaran tersebut akan dialokasikan un­tuk proyek Sumber Daya Air (Rp 577 triliun), Jalan dan Jembatan (Rp 573 triliun), Infrastruktur Per­ mukiman (Rp 128 triliun), dan Perumahan (Rp 780 triliun). Sedangkan kapasitas posi­si proyeksi APBN 2020­2024 baru mencapai Rp 623 triliun atau baru 30 persen dari total kebutu­han anggaran untuk penyediaan infrastruktur.

“Diperlukan pembiayaan non APBN sebesar Rp 1.435 triliun. Inilah yang kami lakukan bersama­-sama dengan unit-­unit organisasi sektoral untuk memenuhi yang non­APBN sebagai tugas utamanya,” imbuh Heri.

Ia juga memaparkan bahwa DJPI akan ber­ tugas membantu penyediaan dan pembangunan infrastruktur dengan cara menggandeng in­vestor melalui skema KPBU atau Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha.

“Intinya sebetulnya KPBU itu mu­lai dari merencanakan meran­cang, mendesain, membangun, membiayai, mengoperasikan melalui entitas namanya badan usaha. Beda dengan APBN kita mengenal yang membangun adalah kontraktor,” papar Heri mengenai skema KPBU.

Heri mengatakan skema KPBU memberikan manfaat berupa transfer pengetahuan dari swas­ta ke Pemerintah dan Pemerintah Daerah, alokasi resiko dua belah pihak, baik swasta dan Pemer­ intah, penyelesaian proyek ses­ uai dengan kesepakatan yang dapat menghindari siklus ang­ garan multitahun, serta peluang investasi bagi pihak swasta.

Sebelumnya, simpul KPBU ditangani oleh Direktorat Bina Investasi di Dit­ jen Bina Konstruksi. Sekarang, dilimpahkan ke DJPI melalui Keputusan Menteri PUPR Nomor 379 Tahun 2019. Di Indonesia yang mengurus KPBU hanya Ke­ menterian PUPR di level Direktorat Jenderal.

“Kita berharap dengan cara de­mikian kita bisa lebih cepat un­tuk membangun infrastruktur bidang PUPR,” imbuhnya.

Untuk 2019, progres KPBU telah mencakup empat tahap, yakni tahap pertama (Perencanaan) di Proyek Batam sewerage sys­tem (fase 2), kedua (Persiapan) meliputi 12 proyek, ketiga (Tran­ saksi) meliputi delapan proyek, serta keempat (Implementasi/ Konstruksi) dengan 1 proyek non­ tol dan 33 proyek tol.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03