23 June 2024 - 14:36 14:36

Ditlantas Polda Metro Jaya Gelar Millennial Road Safety Festival

WartaPenaNews, Jakarta – Tingkatkan kesadaran berlalu lintas di masyarakat, Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar acara Milenial Road Safety Festival di Bundarahan Hotel Indonesia (HI), Minggu (20/1/2019).

Program Kakorlantas Polri dan Relawan Lalu lintas Indonesia (relasi) ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di kalangan kaum milenial usia 17-35 tahun.

Alasannya berdasarkan data Badan Pusat statistik tahun 2018, kecelakan di Indonesia tahun 2017 mencapai 105,374 yang didominasi kaum muda yang masih produktif yaitu sebesar 55,5% dan secara spesifik 28,12% korban berasal dari kaum pelajar dan mahasiswa. Selain itu juga kegiatan ini untuk mensosialisasikan keselamatan berkendaraan dan berlalulintas bagi kalangan millennial dan kaum muda.

“Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karena akan mengancam potensi sumber daya kepemimpinan nasional di masa depan, dan perlu menjadi perhatian bersama,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusuf.

Peluncuran acara Millennial Road Safety Festival dikemas dengan berbagai kegiatan menarik. Seperti senam kolosal milenial, kontes duta milenial road safety, jalan sehat milenial, kontes road safety dance, milenial entrepreneur expo, dialog lintas milenial, safety riding and driving, freestyle sepeda motor hingga ngorol bareng Dirlantas Polda Metro Jaya.

Selain itu ada juga kontes membuat vlog di Youtube dan video menarik soal keselamatan berlalu lintas. Acara Millennial Road Safety Festival ini dipandu oleh Boy Williams dan Hesty Purwadinata dan juga dimeriahkan oleh RAN yang merupakan grup band idola millennial .

Sejumlah Polisi dan Polwan Ditlantas Polda Metro Jaya juga memperagakan tarian taki-taki Millennial Road Safety. Dimana terdapat pesan keselamatan berkendaraan seperti menggunakan safety belt dan dilarang menggunakan ponsel saat berkendaraan.

Saat dialog Kombes Yusuf menjelaskan tujuannya kegiatan ini mengajak kaum millennial untuk tertib berlalulintas. Ia berharap, program ini nantinya dapat berdampak positif bagi kaum milenial yaitu dengan mereka memiliki pengetahuan yang mumpuni bagaimana berkendara dan berlalulintas yang aman.

“Dalam berkendara, mereka bisa menggunakan kendaraan yang baik dan mempunyai keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain,” harap Yusuf

Sementara itu pembalap nasional Rifat Sungkar memberikan apresiasi kegitan ini. ”Ini sebuah gerakan perubahan yang sangat bagus yang digagas Dilantas Polda Metro dengan membuat kegiatan yang dekat dengan millennial,” ujar Rifat.

Sedangkan Fajar, salah satu anghota band Alexa berbagi cerita pengalaman pribadi pentingnya tertib berlalulintas.“Saya punya adik meninggal kecelakaan saat naik motor karena tidak menggunakan helm dengan best,” kata Fajar.

Ditlantas Polda Metro Jaya juga mengundang 300 siswa SMA dari berbagai sekolah yang ada di wilayah Jakarta. Para siswa ini sebagai generasi selanjutnya akan mempelajari road safety, dapat menyerap informasi dengan cepat dan menyebarluaskannya dengan efektif melalui ponselnya.

“Kami membuat aplikasi Safety road JKT yang berisi pesan-pesan safety riding yang dikemas secara kekinian sehingga para kaum milenial ini dapat menyerap dan menyebarkan pesan yang ada,” ujar Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurahman. (isu/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
23 June 2024 - 09:25
Sharp Semarakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 Hadirkan Promo Menarik

WARTAPENANEWS.COM – Sharp kembali ramaikan Jakarta Fair Kemayoran 2024 yang akan berlangsung selama satu bulan penuh dari tanggal 12 Juni – 14 Juli 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Menempati area

01
|
22 June 2024 - 12:05
Kominfo Belum Bisa Pulihkan Usai 55 Jam Server PDN Eror

WARTAPENANEWS.COM –  Server Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo masih mengalami gangguan hingga Sabtu (22/6) pukul 11.00 WIB. Gangguan server ini pertama kali diketahui pada Kamis (20/6) pukul 04.00 WIB yang

02
|
22 June 2024 - 11:16
Usai Pandemi, Bisnis Sepeda Lesu hingga Banting Harga

WARTAPENANEWS.COM – Bisnis sepeda usai era pandemi Covid-19 kini lesu. Seperti dialami toko-toko sepeda di berbagai penjuru AS yang menghadapi kesulitan setelah penjualan yang marak pada awal pandemi lalu. Menurut

03