3 May 2024 - 11:20 11:20

DK PBB Resmi Tingkatkan Resolusi Bantuan Kemanusiaan di Jalur Gaza

WARTAPENANEWS.COM –   Dewan Keamanan PBB pada Jumat (22/12) menyepakati peningkatan bantuan ke Gaza. Anggota tetap DK PBB yang merupakan sekutu Israel, Amerika Serikat, abstain pada voting tersebut.

Perang antara Israel dan Hamas sudah berlangsung selama 11 bulan. PBB, dalam laporannya, mengungkap situasi kemanusiaan di Gaza makin memburuk.

Karena itu, anggota tidak tetap DK PBB Uni Emirat Arab mengajukan rancangan resolusi untuk mengizinkan lebih banyak bantuan masuk. Serta, menciptakan suatu kondisi menuju penghentian permusuhan yang berkelanjutan di Gaza.

Saat voting resolusi tersebut, hanya AS dan Rusia yang memilih abstain. Sebanyak 13 anggota DK PBB lainnya mendukung resolusi tersebut.

Lewat resolusi ini PBB nantinya akan memegang peranan lebih besar dalam koordinasi pengiriman bantuan.

“Cara Israel melakukan serangan menciptakan rintangan besar pada distribusi bantuan kemanusiaan,” kata Sekjen PBB Antonio Guterres usai voting seperti dikutip dari AFP.

Israel langsung menanggapi resolusi teranyar DK PBB itu. Zionis menekankan akan tetap memeriksa setiap bantuan masuk ke Gaza atas alasan kemanusiaan.

Sedangkan Hamas menyatakan, resolusi itu tidak cukup untuk merespons bencana kemanusiaan akibat serangan Israel.

Sebelumnya, PBB menyatakan jumlah bantuan masuk ke Gaza masih jauh di bawah kondisi sebelum perang. Pada pekan lalu, Israel mengatakan, setiap harinya mereka mengizinkan 80 truk bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

Voting DK PBB terkait rancangan resolusi di Gaza sempat tertunda beberapa hari. Meski resolusi ini mendorong dipercepatnya lebih banyak bantuan masuk ke Gaza, tidak ada permintaan gencatan senjata atau jeda pertempuran untuk segera dilakukan.

Israel menegaskan, mereka akan melanjutkan serangan udara dan darat di Gaza sampai Hamas lenyap dan seluruh sandera dibebaskan.

“Israel akan melanjutkan perang di Gaza,” ucap Menlu Eli Cohen. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 09:14
Hujan Lebat di Brasil, 10 Ribu Warga Mengungsi dan 29 Orang Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, menyebut hujan lebat telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di bagian selatan negara itu. Akibat bencana alam ini, setidaknya 29 orang

01
|
3 May 2024 - 08:32
Usai Ditabrak Pria yang Mengaku Polisi, Dua Warga Bogor Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Dua warga Bogor bernama Diva Maulana Akbar dan Siti Mardiana tewas usai ditabrak pria mengaku polisi di area Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat, 10 November 2023 lalu. Kasus ini

02
|
3 May 2024 - 08:09
Waspada, Indonesia Bakal Dilanda Hujan Badai

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan, hujan disertai petir akan melanda sebagian wilayah Indonesia. Pengendara motor harus lebih waspada ketika terjadi hujan badai. Seperti diketahui, sepeda

03