28 March 2024 - 23:37 23:37

Dokter Cilik dan Duta Santri, Siap Edukasi Anak Indonesia dari Pandemi Covid-19

WartaPenaNews, Jakarta  – Anak merupakan salah satu golongan yang rentan terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Namun upaya dini dengan beragam program pelatihan disertai fasilitas untuk terus Menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Program Sekolah dan Pesantren Sehat Unilever

Jumlah kematian anak (0 – 18 tahun) akibat Covid-19 di Indonesia tertinggi se – Asia Pasifik. Data lainnya, Indonesia menduduki peringkat pertama terkait proporsi angka kejadian covid pada anak sebesar 9,1 %.

Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs & Sustainability Unilever Indonesia menjelaskan, “Sebagai perwujudan salah satu pilar penting, Unilever Sustainable Living Plan (USLP) yang dicanangkan tahun 2010,” Program Sekolah dan Pesantren Sehat menjadi menjadi bagian dari kesuksesan USLP meningkatkan kesehatan dan kebersihan 1,3 miliar orang di seluruh dunia di tahun 2000, melebihi target awal 1 miliar orang. Di masa pandemi, program ini makin relevan sebagai upaya melindungi kesehatan anak, mempersiapkan mereka menghadapi era adaptasi kebiasaan baru, sekaligus menekan penularan Covid-19.”

Selain edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) , Unilever Indonesia Foundation turut menyumbangkan wastafel permanen untuk cuci tangan dan sikat gigi. Serta mendistribusikan produk-produk kebersihan dan kesehatan di area sekolah dan pesantren.

Ayo…, Cuci Tangan dan Lakukan Protokol Kesehatan!

Program USLP telah merubah kebiasaan anak-anak untuk mencuci tangan di lima waktu penting, dibandingkan sebelumnya yang hanya tiga kali sehari saja.

Dra. Sri Wahyuningsih, M. Pd., Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyatakan, “Sebelum melepas kembali anak ke sekolah, kita harus membiasakan PHBS sejak dini sebagai kunci pengendalian penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan. Selain memastikan seluruh sekolah menerapkan protokol kesehatan dengan benar.”

Sejalan dengan semangat #MariBerbagiPeran yang diusung Unilever Indonesia, kegiatan ini akan menargetkan para pemangku kepentingan, pimpinan dan pengajar melalui Training on Trainers. Mereka didorong untuk membina dan mengembangkan Usaha Kesehatan (UKS) dan Pesantren Sehat menuju better hygiene, better nutrition dan better environment.

Pelatihan online didukung modul pembelajaran yang menarik bagi anak serta pendampingan bagi para pengajar. Para dokter kecil dan duta santri juga dilibatkan sehingga dapat menyebarluaskan edukasi kepada teman-temannya. Program juga merangkul partisipasi orangtua agar anak-anak mendapat support system yang lengkap untuk mendampingi mereka di era tatanan hidup baru.

Lakukan PHBS dan Asupan Gizi Seimbang

dr. Mesty Ariotedjo, Sp. A, yang kerap menyuarakan pentingnya tindakan preventif untuk menekan laju Covid-19 mengatakan, “Masyarakat perlu memahami, bahwa meski seringkali tidak menunjukkan gejala, anak yang terinfeksi SARS-CoV-2 memiliki jumlah virus dalam darah yang tinggi di saluran napas, sehingga kemungkinan mereka menularkan individu lainnya sangat besar. Untuk meminimalkan risiko ini, biasakan anak melakukan PHBS dengan benar, pastikan mereka mendapatkan gizi seimbang sehingga imunitasnya terjaga. ”

Guna mencegah lingkungan pendidikan menjadi klaster penyebaran Covid-19, dr. Mesty berpesan agar para pengajar dan orang tua menanamkan pentingnya protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak aman lebih dari dua meter. Bahwa perubahan perilaku berkontribusi 80% dalam mengendalikan kurva pandemi. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03