29 April 2024 - 14:46 14:46

Dompet Dhuafa Buka Dapur Keliling Bantu Korban Banjir di Jabodetabek

WartaPenaNews, Jakarta  – Lembaga kemanusiaan filantropi Islam Dompet Dhuafa membuka dapur keliling untuk membantu para korban akibat bencana banjir yang melanda Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sejak Rabu (1/1/2020).

“Tim dapur keliling satu persatu mendatangi titik-titik pengungsian untuk membantu para korban,” kata salah seorang tim dapur keliling dompet dhuafa Badie Uzzaman melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Tim dompet dhuafa, kata dia, juga telah tiba di tempat pengungsian warga di Kelurahan Cipinang Melayu yang terdampak banjir cukup parah.

Kehadiran dapur keliling, katanya, diharapkan dapat membantu pemenuhan logistik dasar para korban banjir. Karena, banyak dari mereka hingga kini kekurangan pasokan makanan.

“Korban pengungsi banyak mengeluh belum makan semenjak banjir datang. Sebagian sudah mulai mengevakuasi diri sendiri sejak subuh tadi,” ujar dia.

Sembari menunggu tim logistik datang, petugas menyiapkan dapur pos hangat sementara. Dapur keliling tersebut berlokasi di Balekambang, Condet dan Masjid Universitas Borobudur sebagai lokasi pengungsian.

Selain membantu penyediaan dapur keliling, lembaga kemanusiaan itu juga menurunkan tim evakuasi cepat untuk membantu para korban. Di kawasan Jakarta Timur, ujar dia, beberapa titik sepanjang aliran Kali Sunter banjir lumayan cukup tinggi.

“BPBD mengimbau para korban diungsikan di halaman parkir Universitas Borobudur. Setiba di lokasi, tim dapur keliling langsung menyiapkan makanan dan minuman hangat bagi para pengungsi,” ujar dia.

Proses evakuasi dari tim respon dompet dhuafa akan dilakukan secara bergantian sesuai skala prioritas hasil pemetaan. Meskipun demikian, lembaga itu menggerakkan relawan-relawannya sesuai pada lokasi pemetaan untuk memantau sekaligus membantu penanganan jika diperlukan. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03