6 May 2024 - 02:48 2:48

DPD RI Bentuk Pansus Bahas Pemekaran Provinsi Papua

WartaPenaNews, Jakarta – Wakil Ketua Komite I Dewan Pimpinan Daerah (DPD RI), Djafar Al Katiri mengungkapkan bahwa pihaknya telah membentuk Pansus otonomi khsusus (Otsus) Papua. Pansus ini dibentuk guna mencari solusi dari persoalan yang dihadapi provinsi ujung Timur Indonesia tersebut.

“Ini untuk mencari solusi dan menampung masukan dari para pakar termasuk dari Ditjen Otda (otonomi daerah). Desember kita harapkan bisa menyelesaikan beberapa hal menyangkut Otsus Papua,” ujar Djafar dalam dialog kenegaraan dengan tema “DPD RI dan Otonomi Daerah dalam bingkai NKRI” di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Menurut Djafar, Pansus yang baru terbentuk di awal masa sidang DPD tahun 2019 juga membahas munculnya aspirasi terkait keinginan masyarakat Papua melakukan pemekaran. “Kita juga membahas tuntutan pemekaran wilayah menjadi Papua Tengah dan Papua Selatan,” ujar dia.

Selama ini, kata Djafar, Komite I sudah melakuan pembahasan dengan mengundang stakeholder dengan mengundang seluruh pihak yang berkepentingan, serta melakukan kunjungan ke Provinsi Papua Barat.

Dalam kunjungan itu, pihaknya menemukan fakta bahwa otsus belum berjalan efektif khususnya terkait persoalan keadilan dan kesejahteraan. “Kita berharap Papua menjadi wilayah Indonesia seutuhnya,” ucap Djafar.

Djafar juga menganggap dana Otsus Papua sebesar Rp8,3 triliun nilainya yang nilainya dianggap besar oleh pemerintah pusat tak seberapa jika dibandingkan oleh yang diambil dari perusanaan emas Freeport.

“Nilai Otsus Papua nilainya tak sebanding dengan apa yang diambil Freeport serta sumber daya alam dan hutan Papua. Oleh karena itu Papua menuntut banyak dari pemerintah pusat,” pungkas Djafar. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03