Dubes RI Sampaikan Terima Kasih Atas Bantuan LG untuk Indonesia Menangani Wabah Covid-19

WartaPenaNews, Jakarta – Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, menyampaikan terima kasih atas kontribusi perusahaan-perusahaan kelompok LG, salah satu konglomerasi Korea Selatan, berupa diagnostic kit COVID-19. “CEO LG Internasional, Chun Sung Yoon, telah berkomunikasi dengan kami dalam beberapa minggu terakhir ini untuk membicarakan bentuk, cara dan waktu penyampaian bantuan untuk Indonesia tersebut,” kata Umar Hadi.

Rencananya diagnostic kit RT-PCR bantuan LG ini akan dikirimkan ke Indonesia dalam waktu dekat. Diagnostic kit COVID-19 saat ini menjadi kebutuhan mendesak bagi Indonesia dalam upaya memerangi COVID-19.

Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Korea Selatan mengumumkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara prioritas bagi ekspor alat-alat kesehatan dan karantina dari Korea Selatan. Dubes Umar Hadi menggarisbawahi bahwa ditempatkannya Indonesia sebagai negara prioritas merupakan wujud nyata dari hubungan kemitraan strategis kedua negara yang dilandasi semangat saling membantu dan solidaritas. “Kami meyakini bahwa pandemic global COVID-19 hanya dapat diatasi dengan solidaritas, kolaborasi, dan rasa saling peduli antar seluruh negara di dunia,” kata Dubes Umar Hadi.

Baca Juga: Sinergi Kemensos Bersama Unicef dalam Program Rehabilitasi Sosial Anak

“Peran serta kalangan swasta seperti LG tentunya sangat kami hargai,” Umar menambahkan.

LG merupakan grup usaha Korea Selatan yang memiliki beberapa bidang usaha di Indonesia. Perusahaan yang telah lama beroperasi antara lain LG Electronics yang telah berinvestasi di Indonesia selama sekitar 30 tahun, LG Chem yang memproduksi Petrokimia dan saat ini sedang menjajaki industri baterai mobil litrik di Indonesia, LG Innotek yang memproduksi suku cadang elektronik, dan LG International yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit, pertambangan batubara dan juga energi yang terbarukan. (*)