20 April 2024 - 20:18 20:18

Duet Anies-AHY Berpeluang Menangi Pilpres 2024

wartapenanews.com –  Survei nasional oleh Voxpol Center Research and Consulting menunjukkan potensi kemenangan Anies Baswedan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lebih besar jika berduet dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY saat ini merupakan ketua umum Partai Demokrat.

“Dalam model dua pasangan, Anies Baswedan selalu mendominasi setiap simulasi,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022).

Terungkap, dalam simulasi model dua pasangan itu, Anies-AHY juga lebih banyak unggul ketimbang pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden lain.

Simulasi pertama menghadapkan pasangan Anies-AHY dengan pasangan yang digadang-gadang akan diusung koalisi Partai Gerindra-PKB, yaitu Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Pasangan Pak Anies-AHY memperoleh elektabilitas lebih tinggi, yaitu 44,8 persen,” ujar Pangi.

Adapun pasangan Prabowo-Cak Imin hanya mendapatkan angka 38,4 persen. Artinya, kedua pasangan tersebut terpaut selisih 6,4 persen.

Pada simulasi kedua, Anies Baswedan dipasangkan dengan Panglima TNI Andika Perkasa. Anies-Andika dihadapkan dengan pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir.

Hasilnya, Anies-Andika memiliki elektabilitas lebih tinggi, yaitu 46,9 persen. Sementara, pasangan Ganjar-Erick mengantongi 37,5 persen.

Kemudian, Anies-AHY juga unggul saat berhadapan dengan pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani.
Anies-AHY mendapat 49,4 persen. Duet Prabowo-Puan hanya memiliki tingkat keterpilihan sebesar 32,8 persen.

Tingkat keterpilihan Anies lebih rendah saat dipasangkan dengan Andika dan berhadapan dengan pasangan Prabowo-Ganjar.

Pada simulasi tersebut, Anies-Andika hanya meraih angka 40,8 persen. Sedangkan, Prabowo-Ganjar unggul dengan perolehan 44,5 persen.

“Pasangan Anies Baswedan hanya kalah dalam simulasi Prabowo Subianto berpasangan dengan Ganjar Pranowo,” ucap Pangi.

Saat dipasangkan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Anies menang tipis dari pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno. Anies-Khofifah mendulang angka sebesar 42,9 persen sementara Ganjar-Sandiaga mendapat 40,7 persen.

Selanjutnya, Anies dipasangkan kembali dengan AHY saat berhadapan dengan pasangan Ganjar-Puan. Anies-AHY unggul dengan angka 50,7 persen. Ganjar-Puan sebesar 32,6 persen.

Jika Anies dipasangkan dengan politikus PKS Ahmad Heryawan (Aher), mereka juga akan unggul bila berhadapan dengan Prabowo-Puan.

Angka keterpilihan Anies-Aher sebesar 46,3 persen sedangkan Prabowo-Puan hanya meraih 33 persen.

Ketika Anies-Andika berhadapan dengan pasangan Prabowo sebagai calon presiden dan Ganjar sebagai calon wakil presiden, selisihnya cukup tipis.

Pasalnya, Anies-Andika mendapatkan tingkat keterpilihan sebesar 43,7 persen. Prabowo-Ganjar terungkap elektabilitasnya 42,3 persen.

Di sisi lain, pasangan Prabowo-Cak Imin akan menang telak dengan perolehan 59,2 persen jika melawan pasangan Puan Maharani dan Airlangga Hartarto yang elektabilitasnya hanya 12,2 persen.

Diketahui Voxpol Center Research and Consulting melakukan survei nasional ini terhadap 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi. Para responden merupakan warga yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2024.

Survei berlangsung pada 22 Oktober hingga 7 November 2022. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah multistage random sampling dengan wawancara tatap muka secara langsung dan mendalam oleh surveyor. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03