Dunia Terpikat Warna-warni Asesoris Kaca dari Desa Godo

Hiasan dinding Timur Tengah terbuat dari botol parfum biru, permukaan dihias aksen keemasan. Foto: Bud

WartaPenaNews, Jakarta – Bila Anda sedang menjalankan umroh atau beribadah haji sudah tentu akan memilih serta membeli oleh-oleh untuk sanak kerabat di Indonesia.

Naik Gengsi Karena Keindahannya

Pilihan oleh-olehnya cukup beragam lho. Salah satunya kerajinan kaca yang dibuat menjadi tasbih, kalung atau hiasan rumah. Warna-warni menarik dan bening, terasa semarak dengan motif hias sederhana di atas permukaan kaca.

Baca Juga: Anggota DPR Mengapresiasi Pelibatan TNI Ikut Tangani COVID-19

Seorang teman yang berprofesi sebagai pemilik usaha travel sekaligus tour guide menceritakan, “Kerajinan berbahan kaca ini, bukan produk asli masyarakat Timur – Tengah. Melainkan, kriya yang diproduksi masyarakat Desa Godo di Jombang – Jawa – Timur.”

Sejak lama, masyarakat di sana menekuni usaha pembuatan asesoris berbahan limbah botol parfum. SelainTimur Tengah, keindahan seni kaca dari botol parfum, juga memikat masyarakat Jepang, Belanda, Spanyol dan Perancis.

Jangan heran, jika kelak Anda berkunjung ke Paris dan mendapatkan parisieng sedang melenggang dengan fashion high class, kalung kaca menjadi pelengkap asesoris yang paling banyak digunakan. (bud)