29 March 2024 - 15:39 15:39

Elektabilitas Anies Makin Moncer, Meski Kalah Populer dari Megawati dan Prabowo

wartapenanews.com – Lembaga survei nasional Trust Indonesia mendapatkan temuan dari hasi riset soal popularitas dari 30 tokoh nasional. Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berhasil menduduki peringkat tiga dalam hal popularitas namun yang teratas di segi elektabilitas.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Research Trust Indonesia, Ahmad Fadli pada diskusi Satu Tahun Menjelang Pemilu 2024, bertajuk Siapa Bakal Jadi Presiden Indonesia 2024 di Kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2023). “Ada tiga besar dari 30 tokoh dalam kategori popularitas tokoh nasional di antaranya pertama ada Megawati, Prabowo dan Anies,” kata Fadli.

Meski tidak menduduki posisi pertama dalam hal popularitas, namun dari sisi elektabilitas eks Rektor Universitas Paramadina ini mampu melampaui tokoh-tokoh lainnya. “Top of mind pertama kali di responden kita itu ketika ditanya siapa capres 2024, Anies Rasyid Baswedan,” lanjutnya.

Begitupun dengan elektabilitas secara tertutup, Anies masih menduduki posisi kedua tertinggi dari 30 tokoh nasional yang di simulasikan sebesar 24,0 persen. “Nah ini kita simulasi dengan surat suara dengan memperlihatkan gambar calon presiden yang kita list tadi, ternyata tiga besar itu Ganjar, Anies dan Prabowo,” sebut Fadli.

Sekadar informasi, survei ini dilakukan secara tatap muka terhadap 2.200 responden, pada periode 28 Januari hingga 6 Februari 2023. Responden yang diambil proporsionalnya berimbang antara gender pria dan wanita, berdasarkan basis tempat pemungutan suara (TPS) by name, by address.

Populasi survei ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di 38 Provinsi dan telah mempunyai hak pilih, yaitu berusia 17 tahun keatas (memiliki KTP setempat) atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Pengambilan sampel menggunakan metode multistage sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,09 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03