16 April 2024 - 19:25 19:25

Erdogan Menang Pilpres Turki 2023

wartapenanews.com – Recep Tayyip Erdogan dipastikan terpilih kembali sebagai Presiden Turki. Dikutip dari Reuters, Kepala Dewan Pemilihan Tinggi Ahmet Yener mengatakan Erdogan memenangkan kursi kepresidenan Turki setelah mendapat 52,14% suara dalam putaran kedua Pilpres Turki.

Yener mengatakan dengan 99,43% kotak suara yang sudah dibuka, maka sulit bagi Kemal Kilicdaroglu yang menjadi saingan Erdogan untuk melampauinya. Sebab Kemal hanya mendapatkan 47,86% suara.

“Dengan selisih lebih dari 2 juta suara antar kandidat, sisa suara yang tidak dihitung tidak akan mengubah hasil,” kata Yener.

Erdogan sebelumnya telah mendeklarasikan kemenangannya di depan para pendukungnya di Istanbul. Ia memastikan diri akan kembali memimpin Turki.

“Kami akan memerintah negara selama lima tahun mendatang,” kata Erdogan kepada para pendukungnya di Istanbul, Turki, dikutip dari AFP, Senin (29/5).

“Insyaallah, kami akan layak mendapatkan kepercayaan Anda,” ujar Erdogan.

Sementara itu, pesaing Erdogan, Kilicdaroglu, tidak mengumumkan secara resmi kekalahannya dalam pidato pertamanya seusai pemilu. Ia hanya menyampaikan rasa sedihnya membayangkan Turki di masa depan.

“Kesedihan saya yang sebenarnya adalah tentang kesulitan yang menunggu negara,” kata pemimpin oposisi sekuler Kemal Kilicdaroglu dalam pidato publik pertamanya setelah pemilu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
16 April 2024 - 13:43
Terbang ke Uganda, Ivan Gunawan Resmikan Pembangunan Masjidnya

WARTAPENANEWS.COM - Ivan Gunawan dalam waktu dekat ini. akan terbang ke Uganda. Kepergiannya ke Uganda sendiri diketahui untuk meresmikan Masjid yang telah dibangunnya. Pria akrab disapa Igun menerangkan kalau ia

01
|
16 April 2024 - 12:13
Sopir Taksi Online Tewas Dihujani Tusukan oleh Begal

WARTAPENANEWS.COM - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung berhasil mengamankan pelaku pembegalan yang terjadi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada Minggu 14 April 2024 lalu. Korban pembegalan tersebut merupakan seorang sopir online,

02
|
16 April 2024 - 11:13
Ganjar akan Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

WARTAPENANEWS.COM -  Mahkamah Konstitusi (MK) akan segera membacakan hasil putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres pada 22 April 2024 mendatang. Calon Presiden (Capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo

03