25 April 2024 - 22:07 22:07

Erick Thohir: Revitalisasi Pelabuhan Benoa, adalah Komitmen Pemerintah Tingkatkan Wisatawan ke Indonesia

WartaPenaNews, Jakarta – Dalam rangka mendukung peningkatan wisatawan ke Indonesia, Kementerian BUMN melalui Pelindo III melakukan pengembangan atau revitalisasi kawasan Pelabuhan Benoa menjadi home port cruise untuk pelabuhan-pelabuhan di seluruh wilayah Indonesia.

Upaya ini dilakukan dengan telah dilaksanakannya rapat koordinasi pengembangan Benoa Maritime Tourism Hub di Nusa Dua, Bali diadakan 13-14 Februari 2020. Rapat yang dipimpin langsung Menteri BUMN Erick Thohir ini melibatkan Kementerian Perhubungan, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Parekraf, Kementerian Keuangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain koordinasi dengan beberapa Kementerian terkait, Erick Thohir juga mengundang rapat koordinasi seluruh anggota Komisi VI DPR RI dan juga beberapa Direktur Utama BUMN.

Dalam rapat tersebut Erick Thohir mengatakan Pemerintah sangat fokus mengembangkan kawasan Pelabuhan Benoa yang dikelola oleh Pelindo III, sebagai pintu masuk gerbang wisatawan melalui kunjungan kapal pesiar (Cruise) dan kawasan destinasi wisata baru di Bali dan wisata maritim di Indonesia.

“Dengan rapat koordinasi sekaligus kunjungan ke Pelabuhan, stakeholder terkait mengetahui dengan jelas, kendala dan dukungan yang dibutuhkan oleh Pelindo III agar Benoa Maritime Tourism Hub dapat segera diselesaikan. Alhamdulillah, semua Menteri yang hadir begitu juga perwakilan dari Kementerian yang kami undang, sepakat untuk bahu membahu mempercepat revitalisasi Pelabuhan Benoa,” kata Menteri BUMN.

Selain itu, pengembangan kawasan tersebut juga akan dilengkapi fasilitas penunjang, sehingga akan berdampak langsung pada pendapatan negara dan perekonomian masyarakat lokal sekitar.

Baca Juga: Pengusaha Hiburan Malam di Medan Tewas Tertabrak

Memindahkan area pelabuhan untuk petikemas, general cargo dan curah, terpisah dengan area pelabuhan untuk wisata yang sebelumnya di kawasan Pelabuhan Benoa menuju 2 kawasan khusus atau Dumping 1 dan Dumping 2 seluas total 70 hektar yang sudah dibangun. Tak hanya itu, di kawasan tersebut juga akan dibangun berbagai fasilitas pendukung wisata, ekonomi, dan budaya seperti kawasan pameran produk UMKM, Gedung Promosi Budaya, dan tambatan khusus kapal yacht, hingga kawasan hutan kota seluas kurang lebih 51% dari total luasan.

“Ini adalah kerja besar, untuk itu, saya juga mengundang seluruh anggota Komisi VI DPR RI. Saya bersyukur, teman-teman di Komisi VI berkenan untuk hadir dan sepakat untuk mendukung Benoa Maritime Tourism Hub. Bagi saya, ini adalah menjalankan Good Governance, dimana semua pihak dilibatkan sejak awal. Semua transparan. Saya ingin agar setiap proyek BUMN dilakukan seperti ini,” tambah Erick.

Tak hanya membangun merevitalisasi kawasan Pelabuhan Benoa, Pelindo III juga tengah membangun kawasan peribadatan melasti. Upaya ini dilakukan Pelindo III untuk terus mendekatkan diri dan peduli akan kebutuhan sosial masyarakat sekitar. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03