4 May 2024 - 23:53 23:53

Exxon Mobile Disebut Tak Pernah Bayar Ganti Rugi Lahan Petani Bojonegoro Selama 10 Tahun

WartaPenaNews, Jakarta – Seorang warga asal Bojonegoro, Jawa Timur mengaku tidak menerima uang ganti rugi dan sewa tanah dari Exxon Mobil Cepu Limited selama 10 tahun.

Warga yang mewakili keluhan dari sejumlah petani lokal di Bojonegoro menyampaikan keluhan ini dalam komentar langsung (live chat) di akun YouTube KPK saat berlangsung acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Stranas PK 2021-2022, Selasa (13/04/2021).

Warga dengan akun bernama “bumi malowopati” berkali-kali menyampaikan komentar saat
tayangan acara KPK ini berlangsung, meski yang disampaikan relatif sama di setiap komentarnya.

Berikut keluhannya:

“tanah SHM di blokir EXXON MOBIL blok Cepu selama 10 tahun lebih tidak ada ganti rugi dan sewa yg diperoleh oleh petani lokal. apa harus mengadu Pada Tuhan sang Pencipta alam. Kemana Pejabat Negri ini.”

“tiap tahun bayar Pajak. bukti tanah sudah Sah menurut UU. mafia tanah bekerja EXXON mobil telah kurung lahan kami selama 10 tahun lebih. kami datang Ke DPR. Bupati. Polres. dan BPN tidak ada yg respon.”

“rood to justice”

“KPK kapan main Ke Blok Cepu..dari dulu tidak Perkembangan”

“WORO – WORO. kapan KPK jalan jalan Ke BLOK CEPU”

Lalu, keluhan tersebut pun ditanggapi oleh akun lainnya bernama “Boy Do Pasaribu”. Dia pun menanggapi dengan berkomentar, “bumi malowopati kasusnya 10 th lalu yh om itu msih jaman pemilik candi hambalang wjarlah marak mafia tanah skarang baru terbongkar pelan2, suarakan trus om jg usaha lewat jalur hukum biar pak pres tau.”

Dilansir dari kanal berita CNBCIndonesia.com, akun Youtube “bumi malowopati” tersebut terlihat bahwa terdapat empat tayangan yang diunggah terkait sengketa tanah dengan Exxon ini. Unggahan pertama berjudul “Kawasan keramat exxon mobil bojonegoro” tayang pada 29 Maret 2021, lalu “ijin ditunggu sampai 3 jam tidak keluar..exxon mobil bojonegoro” pada tanggal yang sama.

Kemudian, “Ijin konsesi lahan Blok Cepu dicabut oleh Presiden Jokowi” pada 31 Maret 2021. Dan pada satu pekan lalu, 1 April 2021 ditayangkan video berjudul “Petani blok Cepu mengadu ke Presiden Jokowi”. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03