29 March 2024 - 18:12 18:12

Faktor Ini Dituding Sebagai Penyebab Kasus Covid Meledak di RI

WartaPenaNews, Jakarta – Banyaknya liburan panjang nasional dituding sebagai penyebab cepatnya penularan virus corona atau Virus Covid-19 di Indonesia. Ditambah masuknya varian Delta virus corona yang saat ini sudah mendominasi di Indonesia.

Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Raden Pardede mengungkapkan merebaknya kasus Covid-19 yang masif saat ini, karena adanya banyak libur panjang dibandingkan tahun 2020.

“Libur Lebaran, libur Kenaikan Isa Almasih, Hari Pancasila dan mengakibatkan masyarakat mengambil libur panjang,” jelas Raden dalam sebuah webinar yang diselenggarakan Indef, Rabu (7/7/2021).

Tak hanya itu, kedatangan pekerja migran baik dari India, Saudi Arabia, atau Timur Tengah jadi penyebab penularan virus corona semakin signifikan. “Juga waktu itu ada wisatawan yang datang dari India,” tuturnya.

Dia mengatakan, virus Corona varian delta ini penyebarannya lebih cepat dari varian lain. Raden merinci, jika masyarakat tidak disiplin protokol kesehatan, untuk virus varian Wuhan misalnya. Dalam waktu tempo 30 hari bisa menularkan kepada 729 orang.

Kemudian virus corona varian Alpha jika tidak menerapkan protokol kesehatan, bisa menularkan kepada 15.625 orang. Sementara untuk varian Delta yang saat ini mendominasi Indonesia, bisa menularkan kepada 117.649 orang.

“Konon katanya berdasarkan genome sequences, varian Delta yang sekarang sangat dominan,” jelas Raden seperti diberitakan CNBCIndonesia,com.

“Ini yang membedakan, pembeda utama peristiwa dengan libur nataru (natal dan tahun baru), dan kenaikan lebaran pada bulan 5-6 (Mei-Juni) di tahun 2020. Ini mutasi virus baru yang tidak diperhitungkan sebelumnya,” pungkas Raden. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03