26 April 2024 - 16:41 16:41

Fikom UMB Gelar Program Pengabdian kepada Masyarakat secara Daring

Fikom UMB Gelar Program Pengabdian kepada Masyarakat secara Daring

WartaPenaNews, Jakarta – Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta mengadakan Program Pengabdian kepada Masyarakat secara daring dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) ekonomi kreaktif dan siswa serta siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Cimarga, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Program pengabdian itu mengangkat tema Komunikasi Pemasaran Kreatif  dan Literasi Media Digital.

Program ini terselenggara atas kerja sama antara Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwasata Kabupaten Lebak, dan SMAN 1 Cimarga, Kabupaten Lebak. Acara ini juga merupakan wujud implementasi dari salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Wakil Dekan Fikom UMB, Dr. A Rahman HI, M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih kami sebagai dosen atau akademisi di Universitas Mercu Buana untuk masyarakat dalam hal ini UMKM dan siswa-siswi SMAN 1 Cimarga, di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Semoga UMKM dan siswa-siswi SMAN 1 Cimarga mendapatkan banyak pengetahuan baik itu konsep dan skill atau kompetensi tentang komunikasi pemasaran kreatif dan juga literasi media digital, terutama di masa pandemi covid-19 ini. UMKM dan siswa-siswi SMA perlu pengetahuan khusus bagaimana memanfaatkan media digital agar dapat lebih maju dan bisa bersaing.

Acara ini diselenggarakan selama tiga hari dimulai dari Selasa (19/1) sampai dengan Kamis (21/1) dan diikuti oleh sekitar 20 pelaku UMKM serta 20 Siswa/I SMAN 1 Cimarga. Tema Komunikasi Pemasaran Kreatif disampaikan selama dua hari untuk pelaku UMKM Ekonomi Kreatif, sementara tema Literasi Media Digital disampaikan khusus untuk Siswa/I SMAN 1 Cimarga.

Imam Rismahayadin, selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, dalam kemespatan ini mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi kemajuan UMKM ekonomi kreatif yang dibina oleh Dinas Kebuadayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak. Karena pandemi covid-19 ini, destinasi wisata di Lebak cukup terdampak dengan turunnya jumlah wisatawan yang datang, hal ini juga berdampak pada UMKM dengan turunnya pembeli.

“Mudah-mudahan dengan seminar Komunikasi Pemasaran Kreatif dan Literasi Media Digital ini akan menambah wawasan atau pengetahun baru yang nantinya bisa memunculkan banyak solusi bagi UMKM. Kami ucapkan terima kasih banyak kepada pihak Fikom UMB semoga kerja sama ini terus berlanjut,” kata Imam Rismahayadin.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Cimarga, Yanthi Yulyanti, M.Pd mengatakan, materi yang yang disampaikan dan yang diberikan sangat menarik, bagus dan bermanfaat, untuk kita di masa sekaran ini terutama untuk siswa-siswi terutama sekarang ini adalah era digital yang mana semua berbasis teknologi internet dan diharapkan kedepannya dengan kegiatan ini siswa-siswi dapat memahami dan memanfaatkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Fikom UMB.

Acara yang dilaksanakan secara daring ini tidak mengurangi semangat para peserta dalam mengikutinya. Hal ini terlihat peserta cukup antusias terlibat dalam sesi tanya jawab atau diskusi.  Salah satu peserta Suryani dari unsur pelaku UMKM mengatakan acara ini sangat bermanfaat saya jadi tahu tentang strategi marketing melalui google bisnis.

“Kami mendapatkan pengetahuan baru tentang manfaat media digital untuk media belajar yang efektif,” kata Mahesa, salah satu siswa SMAN 1 Cimarga. (*)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03