G4 Tipe Baru, Virus dari Babi yang Berpotensi Timbulkan Pandemi Baru

oleh -
Ilustrasi

WartaPenaNews.id, Beijing -Belum reda mengatasi pandemi Covid-19, dunia kembali ditakutkan adanya virus jenis baru. Virus itu adalah virus flu babi G4 tipe baru yang diperkirakan bisa memicu pandemi baru.

Peneliti China mengemukakan, virus G4 ini merupakan turunan dari flu babi H1N1. Sebelumnya strain virus H1N1 telah menyebabkan pandemi pada 2009 lalu.

Virus ini sangat unik, sebab menjadi gabungan dari beberapa virus sekaligus. Satu strain mirip dengan flu burung di Eropa dan Asia, strain H1N1 yang menyebabkan pandemi pada 2009, dan strain H1N1 dari Amerika Utara yang memiliki gen dari virus influenza pada burung, manusia, dan babi.

G4 dianggap sama berbahayanya dengan Covid-19 atau H1N5 (flu burung). Sebab, inti dari virus ini adalah virus flu burung dengan campuran strain mamalia di dalamnya. Sementara manusia sama sekali tidak punya kekebalan terhadap virus ini.

G4 ini ternyata mampu bereplikasi dalam sel manusia dan menyebabkan gejala yang lebih serius pada musang daripada virus lain.

Berdasarkan penelitian, virus ini sudah menular dari hewan ke manusia. Sebanyak 10,4 persen orang yang bekerja di peternakan babi ternyata sudah terinfeksi flu tersebut.

Selain itu, 4,4 persen dari populasi secara umum juga sudah terpapar virus ini. Tapi, belum ada bukti virus ini menular antar manusia. Penularan antar manusia-lah yang menjadi kekhawatiran utama para peneliti. China saat ini memiliki populasi babi terbesar di dunia.

Namun, menurut Robert Webster seorang peneliti influenza, saat ini masih menjadi tanda tanya apakah virus ini akan bermutasi dan siap bertransmisi antar manusia. “Kita tak akan tahu kapan pandemi akan muncul, hingga ia tiba,” tuturnya. “Apakah (virus) ini akan menjadi pandemi? Hanya Tuhan yang tahu,” tambahnya. (wsa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *