Gabung ke Demokrat, Pengamat: Ini Modal Penting Bagi Azizah Cari Dukungan

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik dari UNIS Adib Miftahul Foto: Kabar6.com

WartaPenaNews, Tangsel – Pengamat Politik dan Kebijakan Publik dari UNIS Adib Miftahul menilai bergabungnya bakal calon Walikota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah ke Partai Demokrat akan memberikan keuntungan bagi dia. Demokrat bisa menjadi kendaraan politik di kontestasi Pilkada Tangsel mendatang.

Di kontestasi pilkada Tangsel Azizah harus punya kendaraan politik.
Minimal pijakan kaki (dukungan partai) pertama itu sudah ada,”
kata Adib ketika dihubungi, Sabtu (2/5/2020).

Kedudukan putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagai Wakil
Sekretaris Jenderal partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini
juga akan memberikan nilai lebih. Adib mengatakan, sebagai elite
Demokrat, Azizah akan semakin mudah menjaring dukungan.

Sikap Azizah ini juga dinilai realistis dalam berpolitik. Karena selama
ini dia sudah bergerak, akan tetapi belum ada dukungan
partai yang secara tegas mengusungnya. “Saya rasa partai-partai ini lebih banyak bermain di area abu-abu,” sambung Adib.

Dia juga menilai kans Azizah masih terbuka untuk bersaing dalam suksesi kepemimpinan di Tangsel. “Peluang Azizah masih terbuka lebar, meskipun partai-partai besar seperti PDIP belum memberikan dukungan,” ujarnya.

Namun sebaliknya, peluang Azizah akan menipis jika pada Pilkada nanti ada tiga pasangan atau lebih yang ikut dalam kontestasi. Karena biar bagaimana pun wilayah birokrasi sudah dikuasai oleh calon incumbent.

“Jika Azizah bertarung head to head dengan dinasti (incumbent) ada peluang untuk menang. Jika terdapat tiga pasangan calon peluang Azizah menipis. Karena bagaimana pun wilayah birokrasi sudah dikuasai oleh calon incumbent,” jelas Adib.

Ia mewanti-wanti agar mantan pegawai Kementerian Agama ini selektif dan berhati-hati dalam mencari calon pasangannya. Adib berharap calon pendamping putri Maruf Amin ini memiliki akar di kalangan akar rumput. (rob)