19 April 2024 - 07:34 7:34

Ganasnya Covid-19 Varian Delta, Bawa 1.000 Kali Lebih Banyak Virus di Saluran Hidung

Virus Covid-19

WartaPenaNews, Jakarta – Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) Rochelle Walensky mengungkapkan virus Covid-19 varian Delta merupakan salah satu penyakit pernafasan paling menular yang pernah dilihat oleh para ilmuwan.

Menurut data terbaru, varian ini sangat menular terutama karena orang yang terinfeksi strain Delta dapat membawa hingga 1.000 kali lebih banyak virus di saluran hidung mereka daripada pasien yang terinfeksi varian awal Covid-19.

“Varian Delta lebih agresif dan jauh lebih menular daripada varian sebelumnya,” ujar Rochelle Walensky seperti dikutip dari CNBC International, dan diberitakan kembali CNBC Indonesia, Jumat (23/7/2021).

“Ini adalah salah satu virus pernafasan paling menular yang kami ketahui dan yang telah saya lihat dalam 20 tahun karir saya.”

Varian Delta telah menyebar dengan cepat di AS, saat ini diperkirakan lebih dari 83 persen kasus Covid-19 di negeri Paman Sam karena varian ini, naik 50 persen lebih dari minggu ketiga Juli.

Rata-rata tujuh hari kasus baru naik 53 persen dari minggu lalu, saat ini AS mencatatkan 37.674 kasus baru per hari. Rawat inap naik 32 persen dari minggu lalu yang mencapai sekitar 3.500 kasus per hari dan kematian meningkat 19 persen dalam periode yang sama menjadi 240 orang per hari.

Di AS varian Delta menyerang negara bagian yang tingkat vaksinasinya rendah, sementara negara dengan tingkat vaksinasi tinggi mendapati kasus baru yang lebih rendah.

“Virus ini tidak memiliki dorongan untuk berhenti, dan tetap mencari orang rentan berikutnya untuk diinfeksi,” ujar Rochelle Walensky.

“Kita berada pada momen penting lainnya dalam pandemi ini, dengan kasus meningkat lagi dan beberapa rumah sakit penuh di beberapa daerah, kita perlu bersatu sebagai bangsa.” []

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03