25 April 2024 - 15:42 15:42

Gara-gara Corona, Internet Dunia Melambat

WartaPenaNews, Jakarta – Lockdown dan social distancing yang diterapkan beberapa negara di dunia untuk melawan virus corona COVID-19, telah membuat internet melambat. Sebab, satu-satunya hiburan masyarakat di rumah hanya internet, dan hal tersebut membawa masalah lain.

Dikutip dari situs Mashable, Minggu 29 Maret 2020, orang di seluruh dunia melaporkan koneksi internet melambat dan tidak stabil. Perusahaan Ookla yang melakukan uji kecepatan unduh dan unggah, melaporkan bahwa memang ada penurunan kecepatan internet.

Penurunan secara drastis terjadi di China, Jepang, India, dan Malaysia. Kecepatan rata-rata di India dan Malaysia turun di bawah 80 Mbps sejak pertengahan hingga akhir Maret tahun ini.

Hal ini terjadi karena beban internet yang disediakan operator telekomunikasi, tidak seimbang dengan masyarakat yang di rumah dan menggunakan internet. Begitu pun dengan kecepatan pada seluler, turun setelah 18 Maret.

Negara-negara Eropa seperti Swiss, Belanda, Spanyol, dan Jerman juga ikut terpengaruh. Namun, Austria dan Italia masih memiliki kecepatan internet yang stabil.

Baca Juga: bank bjb Dukung Stimulasi Perekonomian Melalui Restrukturisasi Kredit

Bahkan, layanan video Netflix dan YouTube di Eropa juga akan menurunkan kualitas streaming menjadi 480p, dari sebelumnya Full HD, guna mengurangi beban pada jaringan. Pemerintah di negara lain juga sudah berupaya menaikkan kecepatan jaringan.

Meski demikian, internet tetap menjadi harapan para pemilik usaha saat ini. Dalam kondisi seperti sekarang, usaha kecil dan menengah yang tidak terhubung ke internet akan mengalami penurunan omzet. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03