28 February 2024 - 16:13 16:13

Garuda Muda Raih Emas di SEA Games 2023

wartapenanews.com –  Timnas U22 Indonesia, atau Garuda Muda, yang dilatih oleh Indra Sjafri, meraih kemenangan penting di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja. Kekecewaan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 beberapa waktu lalu terobati dengan meraih medali emas melawan Thailand, sebuah negara yang kerap menjadi momok bagi sepak bola Indonesia.

Garuda Muda berhasil mengakhiri puasa gelar yang telah lama meredup dengan kemenangan dramatis 5-2 atas Thailand. Ramadhan Sananta membuka laga dengan dwigol di menit ke-20 dan ke-47, namun Thailand mampu merespons dan menyamakan kedudukan 2-2, memaksa laga masuk ke waktu tambahan.

Pada extra time, Irfan Jauhari membawa Indonesia unggul 3-2, namun pertandingan sempat diwarnai keributan di bench kedua tim dan beberapa kartu merah dikeluarkan. Selepas istirahat, Fajar Fathur Rachman dan Beckham Putra memastikan kemenangan Indonesia dengan skor akhir 5-2.

Vietnam berhasil meraih medali perunggu setelah mengalahkan Myanmar 3-1 di pertandingan yang berlangsung sebelumnya di tempat yang sama.

Namun, sepak bola bukan satu-satunya yang menyumbang emas untuk kontingen Indonesia. Emas juga diraih dari berbagai cabang olahraga lainnya seperti jet ski, gulat, voli pantai, angkat besi, dan tentu saja bulu tangkis.

Di cabang jet ski, Aero Sutan Aswar berhasil meraih emas setelah mengalahkan atlet Thailand, Theerapong Pimpawat. Adiknya, Aqsa Sutan Aswar, juga meraih medali perunggu pada nomor runabout stock.

Gulat juga memberikan kontribusi besar bagi Indonesia. Randa Riandesta meraih emas di kelas 79kg putra gaya bebas, sementara Hamka (65 kg putra gaya bebas) dan Zainal Abidin (61 kg gaya bebas putra) masing-masing meraih perak.

Indonesia juga berhasil meraih emas dari regu voli pantai setelah mengalahkan Thailand di final. Di cabang angkat besi, Muhammad Zul Ilmi dan Nurul Akmal harus puas dengan medali perak.

Di Prek Kampot, Kampot City, tim Traditional Boat Race (TBR) Indonesia berhasil meraih emas ketiga untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2023 pada nomor 800m 12 crew terbuka.

Namun, hujan emas untuk Indonesia datang dari cabang bulu tangkis. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana sukses meraih emas setelah mengalahkan duet Thailand. Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma juga meraih emas setelah memenangkan final “all Indonesia”.

Dengan hasil yang membanggakan ini, Indonesia berhasil menempati posisi ke-3 di klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2023, di belakang Vietnam dan Thailand. Dengan total 72 medali emas, 83 perak, dan 102 perunggu, Indonesia berhasil mengejutkan banyak pihak dengan penampilan yang sangat mengesankan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 February 2024 - 12:16
Mantan Suami Artis yang Lepas Tembakan di Jaktim Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM  -  Polisi menangkap Gathan Saleh Hilabi, mantan suami artis yang melakukan penembakan di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. "Sudah ditangkap," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly saat

01
|
28 February 2024 - 11:17
Wacana KUA Jadi Tempat Nikah Semua Agama, MUI Minta Kemenag Kaji Ulang

WARTAPENANEWS.COM  -  Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta Kementerian Agama (Kemenag) mengkaji ulang wacana penggunaan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk menjadi tempat nikah semua agama. Sebab,

02
|
28 February 2024 - 10:14
Hujan di Jabodetabek Awet, Diperkirakan hingga Siang Hari

WARTAPENANEWS.COM  -  Hujan mengguyur Jabodetabek sejak Rabu (28/2) dini hari hingga berita ini diunggah. Hujan awet ini dan diperkirakan turun hingga pukul 11.00 WIB. BMKG dalam peringatan dini terbaru menginformasikan

03