20 April 2024 - 18:47 18:47

Gawat, 84 Ribu Karyawan Mal Terancam PHK

WartaPenaNews, Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja menerangkan adanya potensi ledakan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebesar 84 ribu karyawan pusat perbelanjaan di Indonesia.

Jumlah tersebut lanjut dia, baru menghitung karyawan di manajemen mal, belum yang bekerja di toko ritel maupun penyewa tenant lainnya.

“Jumlah karyawan Pusat Perbelanjaan di seluruh Indonesia ada sekitar 280 ribu orang dan tidak termasuk karyawan penyewa/tenant. Potensi yang dirumahkan atau terkena PHK sekitar 30 persen,” kata Alphonsus seperti diberitakan CNBCIndonesia, Jumat (23/7/21).

Ledakan PHK ini akan terjadi jika kasus Covid-19 hingga 26 Juli 2021 tidak menurun dan ini akan berimbas terhadap aktivitas ekonomi yang tak jadi dibuka.

Menurut dia, sektor yang sangat cemas adalah pusat perbelanjaan atau mal, yang memang harus tutup semenjak 3 Juli 2021 karena ada PPKM darurat.

Kalaupun nantinya Pemerintah lebih melonggarkan aktivitas ekonomi, juga tidak mudah untuk kembali menjalankan aktivitas seperti sediakala. Salah satu aspek misalnya dengan menyiapkan kembali gedung seperti permesinan maupun pekerja yang sudah dirumahkan.

“Dampak PPKM Darurat tidak akan bisa langsung diatasi pada saat PPKM Darurat selesai atau dihentikan. Sudah hampir pasti akan diperlukan waktu tidak kurang dari tiga bulan untuk memulihkan dampak PPKM Darurat,” kata Alphonsus. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03