29 April 2024 - 11:10 11:10

Gejala COVID-19 pada Anak Berbeda dengan Orang Dewasa

WartaPenaNews, Jakarta - Bukan hanya orang dewasa saja, virus COVID-19 juga dapat dialami oleh anak-anak. Kasus anak di Indonesia yang terinfeksi COVID-19 per 10 Agustus 2020 tercatat ada sebanyak 3.982 kasus. Angka tersebut diketahui merupakan kasus tertinggi di Asia.

Dengan tingginya kasus tersebut, orangtua perlu waspada akan penyebaran virus corona ini pada anak-anak. Hal yang paling mencolok tentang infeksi COVID-19 pada anak-anak adalah presentasi gejalanya sedikit berbeda, atau tertunda pada anak-anak.

Dilansir dari laman Times of India, sebuah studi gabungan yang dilakukan oleh tim peneliti Inggris yang berbasis di King’s College London, rumah sakit Guy dan St. Thomas dan perusahaan ilmu data, Zoe, mempelajari perilaku dan gejala setidaknya 200 anak yang dites positif terkena virus corona baru.

Sepertiga dari anak-anak dalam kelompok tersebut tidak menunjukkan gejala, artinya mereka tidak menunjukkan tanda-tanda khas infeksi virus. Temuan ini sejalan dengan bukti yang banyak dipelajari bahwa anak-anak tanpa gejala dapat menjadi inang virus untuk jangka waktu yang lebih lama, dan bahkan terus menularkan virus yang sama selama lebih dari tiga minggu. Hal yang sama juga diamati dalam analisis luas yang dilakukan di luar Korea beberapa bulan yang lalu ketika sekolah dibuka kembali.

Anak-anak juga dapat bertindak sebagai penyebar infeksi, menyiratkan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menularkan infeksi pada tingkat yang lebih tinggi ke orang-orang di sekitar mereka. Namun, kelompok anak yang tersisa yang menunjukkan gejala, mungkin tidak melakukannya secara langsung, atau dengan cara yang sama seperti orang dewasa.

Studi yang berbasis di Inggris menunjukkan bahwa anak-anak yang terjangkit COVID-19 mengembangkan tiga gejala khususnya. Yang aneh adalah sakit tenggorokan atau batuk, yang merupakan tanda khas COVID-19, tidak begitu lazim pada anak-anak.

Peneliti juga merasa bahwa gejala tersebut juga bisa menjadi cara untuk membedakan flu musiman, alergi atau infeksi virus umum lainnya yang diketahui berdampak pada anak-anak dari COVID-19.

Beberapa gejala COVID-19 yang harus diwaspadai pada anak-anak adalah sebagai berikut:

Demam

Demam ringan ringan adalah tanda umum infeksi pada anak-anak. Hampir 54 persen anak-anak dalam penelitian tersebut dilaporkan menderita demam. Perlu dicatat bahwa demam juga merupakan salah satu tanda infeksi yang paling umum di antara orang dewasa, terjadi pada lebih dari 75-80 persen kasus, baik ringan maupun berat.

Kelelahan dan lemas

Kelelahan dan lemas adalah tanda lain yang dapat ditunjukkan oleh virus penyebab COVID-19 di antara usia yang lebih muda. Berdasarkan penelitian, kelelahan kronis dan lemas tampaknya menjangkiti 55 persen anak-anak. Ini bisa menjadi tanda yang agak mengkhawatirkan karena kelelahan yang disebabkan oleh virus juga membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Sakit kepala

Sakit kepala bukanlah gejala COVID-19 yang umum. Ini hanya mempengaruhi 14 persen orang dewasa. Namun, sakit kepala bisa menjadi keluhan umum pada anak-anak dan kemungkinan merupakan tanda infeksi. Lebih dari 50% anak-anak dalam penelitian ini menderita sakit kepala ringan.

Hilangnya indera penciuman dan rasa

Kehilangan penciuman dan rasa, atau anosmia, mungkin merupakan gejala paling aneh dari COVID-19 sejauh ini juga dapat memengaruhi anak-anak, meskipun jarang. Temuan terbaru menunjukkan bahwa sebagian kecil dari anak-anak tersebut dilaporkan menderita kehilangan indera penciuman dan rasa yang berkurang, selain sakit tenggorokan, pilek. Gejala lain, seperti diare, badan pegal, kehilangan nafsu makan juga cukup umum terjadi.

Gejala lain yang tidak biasa

Para peneliti mengatakan bahwa selain tanda-tanda yang disebutkan di atas, gejala lain yang harus diwaspadai untuk kemungkinan tanda-tanda infeksi adalah ruam kulit dan pembengkakan, yang kemudian disebut sebagai ‘jari kaki COVID’ yang terkenal. Jika seorang anak mengalami ruam atau kemerahan yang tidak biasa pada kulit, yang bukan merupakan gejala flu biasa, itu mungkin gejala COVID-19.

Tindakan yang harus dilakukan orang tua jika seorang anak menunjukkan tanda-tanda virus corona

Sama seperti orang dewasa, perhatian medis paling awal dapat mencegah komplikasi di kemudian hari. Meskipun anak-anak menderita bentuk infeksi yang lebih ringan dalam banyak kasus, bantuan dokter dapat membantu mengatasi tanda-tanda masalah. Obat, menghirup uap, latihan pernapasan dapat membantu anak-anak pulih lebih cepat.

Jika seorang anak menunjukkan satu atau lebih gejala dan telah melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif terkena virus, tes COVID-19 harus segera dilakukan. Selanjutnya, perlu melakukan tindakan karantina dan isolasi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 09:12
Diduga Korban Pengeroyokan, Mayat Pria Penuh Luka Mengapung di Sungai Kedungsiling

WARTAPENANEWS.COM – Mayat laki-laki ditemukan mengapung di Sungai Kedungsiling, perbatasan Kecamatan Gunungpati – Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Polisi menemukan sejumlah bukti awal, laki-laki yang tewas itu adalah korban pengeroyokan. Korban

01
|
29 April 2024 - 08:11
Protes Perang Israel, 900 Mahasiswa Pro-Palestina di Amerika Serikat Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM – Kampus-kampus di Amerika Serikat terus menggelar aksi protes pro-Palestina yang menuntut pemutusan hubungan keuangan dengan Israel akibat perang di Gaza. Pihak kampus semakin terdesak karena upacara wisuda yang

02
|
29 April 2024 - 07:10
Sidang Sengketa Pileg 2024 Digelar Perdana oleh MK

WARTAPENANEWS.COM –  Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar sidang perdana 297 perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Legislatif Tahun 2024. Sidang dengan agenda Pemeriksaan Pendahuluan akan digelar pada 29 April-3 Mei

03