26 April 2024 - 00:28 0:28

Gelar Perayaan HPSN 2023, Pegadaian MengEMASkan Sampah di Kabupaten Jember

wartapenanews.com –  PT Pegadaian menggelar acara puncak pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Alun-alun jenggawah, Jember bersama Bank Sampah Binaan Pegadaian Nasional dan Dinas Lingkungan Hidup serta Praktisi setempat, Minggu (19/02).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini diawali dengan penyelenggaraan FGD (Focus Group Discussion) mengenai pengelolaan sampah, yang dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Praktisi sebagai narasumber, serta masyarakat sebagai peserta. Di hari selanjutnya, rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembagian sembako bersama Bupati Jember, Hendy Siswanto yang merupakan rangkaian puncak pelaksanaan HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional).

Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah menyatakan, kegiatan ini sejalan dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pegadaian bertajuk MengEmaskan Sampah Untuk Indonesia. Dimana didalamnya terdapat kompetisi Inovasi Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik, yang menjadi perpaduan yang pas dalam peringatan HPSN dengan tema ‘Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat’.

“Kami optimis pelaksanaan kegiatan HPSN dapat menjadi momen yang baik untuk menggaungkan kepedulian terhadap lingkungan yang dapat dimulai dari hal sederhana, yaitu pemilahan sampah dari limbah rumah tangga,” ujar Eka Pebriansyah.

Sementara itu Bupati Jember, Hendy Siswanto menjelaskan, bahwa Sampah merupakan isu bersama yang memerlukan gotong royong antara pemerintah dan masyarakat dalam mengatasinya.

“Kami mengapresiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan juga Pegadaian yang telah mendukung kegiatan HPSN di Kabupaten Jember, beserta kegiatan penghargaan bank sampah binaan Pegadaian secara nasional yang diumumkan sebagai pemenang berasal dari berbagai daerah. Selain itu saya juga mengapresiasi program CSR Pegadaian yaitu menukar sampah dengan emas sebagai salah satu upaya peningkatan ekonomi masyarakat.” ujar Hendy.

Sebagai penguatan kolaborasi pentahelix untuk mendukung kerjasama antar komunitas dan lembaga menuju Kabupaten Jember bebas sampah, Pegadaian bersama dengan Pemerintah Kabupaten Jember, KLHK dan Forum Bank Sampah menandatangani komitmen terhadap gerakan pengelolaan sampah.

Senior Vice President Divisi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pegadaian Rully Yusuf berkomitmen, untuk terus memberikan edukasi dan pemahaman mengenai pemilahan sampah kepada masyarakat tidak hanya di Kabupaten Jember, juga di seluruh Indonesia mengenai pentingnya pemilahan sampah untuk mereduksi penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir.

“Berawal dari kesadaran kecil dalam lingkup rumah tangga, kita bisa bersama-sama memiliki tata kelola Bank Sampah yang baik dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat, siapa sangka tumpukan sampah tersebut dapat menjadi kepingan emas,” ujar Rully. (Azk)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03