2 Februari 2023 - 15:17 15:17
728x90

Gema Kosgoro Akui Pencaplokan Freeport Kado Akhir Tahun Paling Spesial

WartPenaNews, Jakarta – Gerakan Mahasiswa Kosgoro mengapresiasi Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla yang berhasil mengakuisisi kepemilikan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi 51 persen melalui BUMN PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

“Keberhasilan mengakuisisi saham PTFI menjadi 51 persen adalah kado akhir tahun 2018 yang spesial untuk Indonesia dan rakyat Papua,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Mahasiswa Kosgoro HM Untung Kurniadi kepada wartawan disela-sela Diskusi Akhir Tahun 2018 bertemakan Menghidupkan Indonesia Raya di Jakarta, Senin (31/12/2018).

Menurut Untung, dengan beralihnya kepemilikan mayoritas saham PTFI ke pangkuan Indonesia sudah sesuai dengan amanat pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

“Dengan kepemilikan 51 persen saham pada PTFI, maka pemerintahan Indonesia melalui BUMN PT Inalum otomatis menjadi pemegang saham pengendali yang menguasai Freeport sehingga kekayaan tambang Freeport dapat digunakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” kata Untung. “Jadi nikmat Tuhan yang mana lagi yang engkau dustakan,” kata Untung.

Saat ini, Inalum telah menggenggam saham 51,2% saham PT Freeport Indonesia dengan membayar lunas $ 3,85 miliar. Inalum menggenggam saham secara langsung di PTFI sebanyak 26,23% dan 25% pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Indonesia Papua Metal dan Mineral (IPMM) yang semula bernama PT Indocopper Investama (PTII). Sedangkan komposisi kepemilikan saham PTFI pada IPMM adalah sebanyak 60 persen dikuasai Inalum dan 40 persen diberikan kepada Pemerintah Daerah dengan komposisi Provinsi Papua sebesar 30 persen dan Kabupaten Mimika sebesar 70 persen. Sehingga kepemilikan saham Pemprov Papua di PTFI adalah tiga persen dan Pemkab Mimika tujuh persen.

Pada kesempatan itu, Untung juga menyebut peran Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan yang sukses mewujudkan mimpi rakyat Indonesia mengembalikan tambang yang dikelola Freeport kembali ke pangkuan Indonesia raya. (sol/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03