26 April 2024 - 00:11 0:11

Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com –  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika para penduduk masih tertidur lelap.

Para pejabat Suriah mengatakan, ini adalah gempa terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah.
Menurut hasil analisa United States Geological Survey, gempa bumi terjadi sekitar pukul 04.17 pagi waktu setempat atau sekitar 08.17 WIB. Gempa berpusat di kedalaman 17,9 km. Gempa susulan berkekuatan 6,7 magnitudo terjadi 15 menit kemudian.

Mengutip keterangan Gubernur Provinsi Osmaniye Erdinc Yilmaz, Anadolu Agency melaporkan bahwa sedikitnya lima belas orang tewas dalam bencana tersebut.

Yilmaz menambahkan, terdapat 34 bangunan yang hancur di Provinsi Osmaniye dan jumlah korban jiwa kemungkinan dapat bertambah.

“Waktu terjadinya gempa berarti kebanyakan orang masih tidur di rumah, sehingga meningkatkan potensi jumlah korban,” jelas dia.

Selain itu, hasil pantauan yang disiarkan di televisi lokal menunjukkan para tim penyelamat sedang menggali reruntuhan bangunan yang turut terdampak gempa di Kota Kahramanmaras, Kota Adana, dan Gaziantep.

Sementara gambar pantauan lain menunjukkan warga dengan masih menggunakan piyama mereka terlihat syok menyaksikan tim penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak.

Terkait bencana itu, dalam sebuah cuitan di Twitter Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan empatinya kepada para penduduk terdampak.

Saya menyampaikan doa terbaik saya kepada semua warga negara kami yang terkena dampak gempa bumi,” tulis Erdogan. “Kami berharap kita dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan sekecil mungkin,” imbuhnya.

Koresponden AFP melaporkan bahwa getaran gempa tak hanya dirasakan di Turki saja — tetapi di Lebanon, Suriah, dan Siprus. Siaran televisi milik pemerintah di Suriah menunjukkan sebuah bangunan di dekat Latakia telah runtuh.

Pihaknya juga menambahkan, beberapa bangunan telah runtuh di sebagian Kota Hama dan para pertahanan sipil serta pemadam kebakaran bekerja untuk menyelamatkan korban selamat dari reruntuhan bangunan.

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa Nasional Suriah Raeh Ahmed mengatakan bahwa gempa ini secara historis adalah gempa terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03