25 May 2024 - 21:24 21:24

Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com –  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika para penduduk masih tertidur lelap.

Para pejabat Suriah mengatakan, ini adalah gempa terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah.
Menurut hasil analisa United States Geological Survey, gempa bumi terjadi sekitar pukul 04.17 pagi waktu setempat atau sekitar 08.17 WIB. Gempa berpusat di kedalaman 17,9 km. Gempa susulan berkekuatan 6,7 magnitudo terjadi 15 menit kemudian.

Mengutip keterangan Gubernur Provinsi Osmaniye Erdinc Yilmaz, Anadolu Agency melaporkan bahwa sedikitnya lima belas orang tewas dalam bencana tersebut.

Yilmaz menambahkan, terdapat 34 bangunan yang hancur di Provinsi Osmaniye dan jumlah korban jiwa kemungkinan dapat bertambah.

“Waktu terjadinya gempa berarti kebanyakan orang masih tidur di rumah, sehingga meningkatkan potensi jumlah korban,” jelas dia.

Selain itu, hasil pantauan yang disiarkan di televisi lokal menunjukkan para tim penyelamat sedang menggali reruntuhan bangunan yang turut terdampak gempa di Kota Kahramanmaras, Kota Adana, dan Gaziantep.

Sementara gambar pantauan lain menunjukkan warga dengan masih menggunakan piyama mereka terlihat syok menyaksikan tim penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak.

Terkait bencana itu, dalam sebuah cuitan di Twitter Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan empatinya kepada para penduduk terdampak.

Saya menyampaikan doa terbaik saya kepada semua warga negara kami yang terkena dampak gempa bumi,” tulis Erdogan. “Kami berharap kita dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan sekecil mungkin,” imbuhnya.

Koresponden AFP melaporkan bahwa getaran gempa tak hanya dirasakan di Turki saja — tetapi di Lebanon, Suriah, dan Siprus. Siaran televisi milik pemerintah di Suriah menunjukkan sebuah bangunan di dekat Latakia telah runtuh.

Pihaknya juga menambahkan, beberapa bangunan telah runtuh di sebagian Kota Hama dan para pertahanan sipil serta pemadam kebakaran bekerja untuk menyelamatkan korban selamat dari reruntuhan bangunan.

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa Nasional Suriah Raeh Ahmed mengatakan bahwa gempa ini secara historis adalah gempa terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03