19 April 2024 - 21:59 21:59

GeoDipa Resmikan Ground Breaking Small Scale 10 MW PLTP Dieng

GeoDipa Resmikan Ground Breaking Small Scale 10 MW PLTP Dieng

WartaPenaNews, Jakarta – PT Geo Dipa Energi (Persero) hari ini Rabu, 10 Juli 2019, resmi melaksanakan Groundbreaking Proyek PLTP Small Scale Dieng 10 MW di Lapangan Panas Bumi Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Pelaksanaan Groundbreaking Proyek PLTP Small Scale Dieng 10 MW ini merupakan langkah konkret Rencana Jangka Panjang Perusahaan sebagai BUMN Panas Bumi dan Special Mission Vehicle di bawah Kementerian Keuangan dalam mendukung program Pemerintah untuk penyediaan listrik tenaga panas bumi yang aman dan ramah lingkungan serta memberikan manfaat peningkatan ekonomi Indonesia.

“Dengan beroperasi secara komersial di akhir tahun 2020 PLTP skala kecil 10 MW akan menambah keandalan sistem listrik Jawa dan Bali. Diharapkan dengan adanya tambahan pasokan listrik ini akan mendorong minat investor untuk membangun industri di daerah sekitar lapangan panas bumi,” papar Direktur Utama PT Geodipa Energi (Persero) Riki Ibrahim dalam sambutannya.

Ia pun berharap, proyek ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi warga sekitar serta dapat kontribusi kenaikan sekitar 16 persen pada bonus produksi ke Kas Umum Daerah juka dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

PLTP Small Scale Dieng adalah pembangkit skala kecil pertama Indonesia yang ditargetkan beroperasi secara komersial di akhir tahun 2020. Sehingga GeoDipa akan menambah pasokan produksi listriknya sebesar 130 MW. “Tambahan pasokan ini merupakan pemenuhan kewajiban GeoDipa untuk mengembangkan kontrak area Dieng hingga 400 MW,” imbuh Riki Ibrahim.

PLTP Small Scale Dieng sebesar 10 MW yang akan beroperasi pada akhir tahun 2020 telah masuk dalam program strategis nasional RUPTL (2019-2018), Road Map Panas Bumi EBTKE 2017-2025, bahkan termasuk Kegiatan Prioritas Pemantauan Kantor Staf Presiden Jokowi yang selalu dimonitor guna peningkatan Kapasitas Terpasang PLTP di Indonesia.

Proyek senilai 21 juta dolar ini mendapat pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) yang juga BUMN di bawah Kementerian Keuangan. Penandatanganan Perjanjian Kredit untuk Pendanaan Pembangunn PLTP Dieng Small Scale (1 x 10MW) dilaksanakan tepat pada hari ini.

Hal ini merupakan Sinergi Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan yang bertujuan untuk membangun visi misi Indonesia dalam melakukan percepatan pelaksanaan proses pembangunan proyek panas bumi nasional, serta komitmen aktif BUMN dalam membuka Kawasan Ekonomi Nasional Indonesia berbasis pemanfaatan energi domestik.

Ditegaskan Riki Ibrahim, Proyek Small Scale Dieng juga berkontribusi dalam pencapaian target program pemerintah di sektor pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35 Ribu MW dan PT Geo Dipa Energi (Persero) ikut bertanggung jawab dalam memenuhi target Rencana Umum Energi Nasional di pemanfaatan energi setempat yang tersedia secara melimpah dalam memenuhi 23% pada tahun 2025 termasuk program upaya kontribusi terhadap penurunan emisi gas rumah kaca sesuai Paris Agreement (UU No. 16 Tahun 2016).

Selain Groundbreaking Proyek PLTP Small Scale Dieng, ada juga acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Tentang Kerjasama Penyediaan Data dan Informasi Panas Bumi dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) serta syukuran PT Geo Dipa Energi (Persero) yang ke 17 Tahun yang jatuh pada 5 Juli lalu.

Saat ini PT Geo Dipa Energi (Persero) memiliki PLTP Dieng Unit 1 dan PLTP Patuha Unit 1 dengan kapasitas masing – masing 60 MW. Dalam waktu yang tidak lama, proses pembangunan PLTP Dieng 2 dan Patuha 2 juga akan selesai dengan kapasitas 60 MW.

“Selain Dieng dan Patuha, GeoDipa mengelola WKP Arjuno Welirang dan WKP Candi Umbul Telomoyo yang memiliki sumber daya lapangan masing – masing ekuivalen 189 MW dan 112 MW. Kedepan kami akan terus membangun proyek energi domestik guna berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat sekaligus untuk lingkungan, dapat berkontribusi terhadap penurunan emisi gas rumah kaca,” tutup Riki dalam keynote speechnya.

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03