8 May 2024 - 12:54 12:54

Golongan yang Diizinkan Tidak Puasa

WartaPenaNews, Jakarta – Berpuasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya. Sebab Allah SWT memerintahkan hal tersebut dalam Alquran. Namun ada kondisi tertentu yang membuat beberapa golongan mendapat keringanan tidak berpuasa.

Salah satu ayat tentang berpuasa di bulan Ramadhan yang paling sering dikutip adalah ayat dalam surat Albaqarah ayat 183 sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah, Ayat 183).

Meski puasa wajib dalam Islam, namun Islam memberikan keringanan pada beberapa golongan. Mereka yang termasuk dalam golongan ini tidak wajib berpuasa, namun bisa menggantinya dengan fidyah (memberi makan orang miskin) atau juga menggantinya di lain hari, bisa juga gabungan keduanya.

Siapa saja golongan tersebut? Berikut kami sampaikan golongan tersebut, juga penjelasannya:

1. Ibu hamil dan menyusui

Perempuan yang sedang hamil boleh tidak berpuasa jika mengkhawatirkan keselamatan dirinya dan keselamatan bayinya. Namun jika ingin tetap berpuasa, hal utama yang harus menjadi perhatian adalah bayinya. Apalagi jika bayi masih berusia di bawah enam bulan dan hanya mendapat asupan ASI eksklusif.

Dalam hadistnya Rasulullah mengatakan, “Sesungguhnya, Allah ‘azza wa jalla meringankan setengah salat untuk musafir, dan meringankan puasa bagi musafir, wanita hamil, dan menyusui.” (HR An Nasai No. 2275, Ibnu Majah No. 1667, dan Ahmad 4:37. Syaikh Al Ibani mengatakan bahwa hadist ini hasan shahih)

Ibu hamil dan menyusui, apabila khawatir pada bayinya boleh tidak berpuasa. Terutama ibu hamil yang masih berada pada tri semester awal atau tiga bulan pertama kehamilan. Karena tiga bulan pertama adalah pembentukan organ tubuh janin, sehingga ketika asupan nutrisi tidak maksimal dikhawatirkan memengaruhi kesehatan janin.

Begitu pula ibu menyusui. Terutama jika bayi masih di bawah usia enam bulan dan masih sangat tergantung pada air susu ibu. Kalau pun berpuasa, ibu harus terus memperhatikan kondisi bayi. Jika bayi diare, pup berwarna kehijauan, atau terjadi kondisi medis lain yang tidak lazim sebaiknya ibu segera ke dokter dan melakukan konsultasi.

Baca juga: Puasa untuk Ibu Hamil, Ini 7 Tips yang Wajib Diperhatikan

2. Musafir

Di dalam Al-Qur’an Allah dengan jelas menyatakan hal tersebut dalam firman-Nya:

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ “…

Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. al-Baqarah: 185)

Dikutip dari web Nahdlatul Ulama, NU online, Musafir yang tidak wajib berpuasa adalah musafir yang telah melakukan perjalanan sejak malam hari dan sebelum Subuh telah melewati batas wilayah tempat tinggalnya. Selain itu, perjalanan yang ia lakukan adalah perjalanan yang mubah, bukan perjalanan menuju kemaksiatan. Hal ini dijelaskan oleh Syekh Muhammad Khatib As-Syarbini dalam kitabnya Mughnil Muhtaj.

وَلَوْ نَوَى وَسَافَرَ لَيْلًا، فَإِنْ جَاوَزَ قَبْلَ الْفَجْرِ مَا اُعْتُبِرَ مُجَاوَزَتُهُ فِي صَلَاةِ الْمُسَافِرِ أَفْطَرَ، وَإِلَّا فَلَا “

Bila seseorang berniat puasa dan melakukan perjalanan pada malam hari, bila sebelum terbitnya fajar ia telah melewati batasan yang ditetapkan dalam bab shalatnya musafir maka ia boleh berbuka, bila tidak maka tidak boleh berbuka.” (Muhammad Khatib As-Syarbini, Mughnil Muhtaj [Beirut: Darul Fikr, 2009], juz 1, hal. 589)

3. Orang yang sedang sakit

Ada beberapa ayat Alquran yang membolehkan seorang Muslim atau Muslimah tidak berpuasa ketika sakit. Ayat tersebut antara lain:

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu.” (QS. An Nisa’: 29)

“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS. Al Baqarah: 185)

“Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan.” (QS. Al Hajj: 78)

Namun demikian, hal tersebut bisa dilakukan ketika sakitnya masuk kategori berat. Akan lebih baik lagi jika yang sakit melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter. Jadi, dokter yang akan memberikan kepastian apakah masih bisa melanjiutkan puasa atau tidak. Artinya, yang menentukan sanggup atau tidaknya seseorang berpuasa tidak lagi diri sendiri, tapi ada ahli kesehatan yang memberikan pertimbangan, apakah puasa masih bisa diteruskan atau tidak.

4. Orang tua

Salah satu syarat berpuasa adalah mampu melakukannya. Banyak orang tua yang sudah tak mampu berpuasa karena kondisi kesehatannya. Untuk orang tua dengan kondisi seperti ini, para ulama sepakat bahwa orang tua yang tidak mampu berpuasa, dapat tidak berpuasa dan tidak ada qodho baginya. Namun, mereka tetap membayar fidyah sesuai waktu yang ditinggalkan.

Imam Ibnu Qasim Al Ghazi di dalam kitab Fathul Qarib menyebut:

والشيخ والعجوز والمريض الذي لا يرجى برؤه ان عجز كل منهم عن الصوم يفطر ويطعم عن كل يوم مدا ولا يجوز تعجيل المد قبل رمضان ويجوز بعد فجر كل يوم

Yang artinya: 0rang tua, tua renta dan orang sakit yang tidak diharapkan kesembuhannya jika masing-masing dari mereka tidak mampu berpuasa maka ia berbuka dan memberi makan (sebagai pengganti puasa) setiap harinya satu mud. Tidak boleh menyegerakan membayar denda mud tersebut sebelum Ramadan dan boleh (dibayarkan) setelah fajar (Ramadan) setiap harinya.

Itulah empa golongan yang untuk mereka puasa Ramadhan tidak wajib. Mereka dibebaskan dari kewajiban berpuasa, sebagian di antaranya tetap membayar fidyah dan mengganti puasa di lain hari, sebagian lainnya hanya membayar fidyah. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 10:12
Begini Pengakuan OB Klinik Kecantikan Richard Lee

WARTAPENANEWS.COM – Pada Jumat (26/4), dokter sekaligus influencer Richard Lee memviralkan pencurian yang terjadi di klinik kecantikan miliknya, Athena, yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Sembari menunjukkan rekaman

01
|
8 May 2024 - 09:36
Kepergok Mencuri, Maling Motor Ini Dihakimi Warga

WARTAPENANEWS.COM – Seorang pria berinisial MS (43) jadi bulan-bulanan warga karena diduga hendak mencuri motor di Jalan Baru Tumbuh, Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara, pada Senin (6/5) malam. "Telah diamankan

02
|
8 May 2024 - 09:11
Jabodetabek Hari Ini Diprediksi Berawan, Suhunya Capai 34 Derajat Celsius

WARTAPENANEWS.COM –  BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek pada Rabu (8/5). Sebagian besar wilayah akan diprediksi berawan, tapi suhunya mencapai 34 derajat celsius. Di Jakarta, pagi ini cuaca diprediksi

03