29 March 2024 - 22:26 22:26

Gubsu Dituding Tak Menghargai Hukum Soal Dualisme DPP Aceh Sepakat Sumut

WartaPenaNews, Jakarta – Tindakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Ramayadi mengukuhkan organisasi yang menggunakan nama DPP Aceh Sepakat pada Senin 5 April 2021 di Medan, memantik keprihatinan sejumlah kalangan.

“Seharusnya Gubsu bisa memberikan tauladan ke masyarakat untuk menghormati hukum, termasuk putusan hakim yang telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah,” ungkap anak Aceh Medan di Perantauan, Yusri Usman, Senin (5/4/2021).

Pasalnya, kata Yusri, menurut putusan Mahkamah Agung Nomor 420K/Pdt/2019 tertanggal 24 April 2019 yang berkuatan hukum tetap, bahwa kepengurusan yang sah adalah kepengurusan di bawah Husni Mustafa SE sebagai Ketua Umum DPP Aceh Sepakat dan T Bahrumsyah SH MH sebagai Sekretaris Umum DPP Aceh Sepakat.

“Kemudian DPP Aceh Sepakat yang legal dan legitimate di bawah pimpinan Husni Mustafa SE itu telah melakukan Mubes XI di Hotel Polonia Medan pada 26 Desember 2020, dan kepengurusannya pun sudah terbentuk,” ungkap Yusri.

Menurut Yusri, jika ada pihak-pihak yang menuding bahwa Mubes XI pada 26 Desember 2020 cacat hukum, seharusnya sebagai warga negara yang taat hukum, lakukan lah upaya secara hukum.

“Jika tidak bisa diselesaikan secara internal sesuai AD ART Aceh Sepakat, atau jika tidak ada titik temu antara para pihak, walau telah dilakukan mediasi oleh pihak Pemprov Sumut, maka langkah yang benar secara hukum adalah menggugat ke pengadilan, sesuai bunyi pasal 57 dan 58 dari UU Ormas nomor 16 tahun 2017,” kata Yusri lagi.

Lebih lanjut Yusri mengatakan, atas sikap dan tindakan Gubsu tersebut, DPP Aceh Sepakat di bawah kepengurusan Husni Mustafa SE dan T Bahrumsyah SH MH, sebagai pihak yang taat hukum, seyogyanya melakukan langkah-langkah hukum atas adanya penyalahgunaan wewenang dan perbuatan melawan hukum yang dilakukan Gubsu, dan menggugatnya ke pengadilan. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03