26 April 2024 - 05:05 5:05

Gudang Kemenkumham Kebakaran, Arsip Penting Tak Terbakar

wartapenanews.com – Si jago merah lalap gudang penyimpanan barang milik negara (BMN) di lantai lima Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta, pada Kamis (8/12/2022), sekitar pukul 10.40 WIB. Arsip-arsip penting diklaim aman tak terbakar.

Humas Sekjen Kemenkumham, Tubagus Erif Faturrahman mengatakan, gudang tersebut digunakan untuk menyimpan arsip surat, barang bekas dan alat tulis kantor lama yang tak lagi terpakai. Seluruh barang tersebut hangus tak terselamatkan.

“Alhamdulillah bukan barang-barang atau arsip penting,” kata Tubagus Erif.

Tubagus menyebutkan, kebakaran gudang BMN langsung ditangani petugas pemadam sehingga kobaran api tidak meluas ke areal kantor dan berhasil dipadamkan. Namun untuk memastikan pemicu kebakaran sejauh ini masih dalam proses penyelidikan, begitu pula penghitungan kerugian materil akibat peristiwa tersebut. Dia juga menegaskan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka atas insiden itu.

Sementara Plt Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jaksel, Sugeng Wiyono menyebutkan, diduga kebakaran dipicu arus pendek. Dia menegaskan pula tak ada kendala yang dialami petugas ketika melakukan pemadaman.

“Penyebab sementara diduga korsleting listrik dan tidak ada kendala saat evakuasi karena menggunakan sumber air dari gedung,” ujarnya.

Menurutnya, operasi pemadaman dimulai pukul 11.15 WIB dan pada sekitar pukul 13.05 WIB sudah dalam proses pendinginan. Gulkarmat mengerahkan 26 unit dan 130 personel yang berasal dari Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan untuk melakukan pemadaman. Dari Jaksel dikerahkan 19 unit dan 115 personel pemadaman.

Sugeng juga mengonfirmasi tidak ada korban jiwa dan yang terluka dalam peristiwa itu dan kondisi saat ini sedang dilakukan penyisiran agar tidak ada penjalaran kembali. “Para pekerja sudah dievakuasi sebelum api semakin membesar dan saat ini kondisi sudah steril,” katanya.

Berdasarkan laporan Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, kronologi kejadian dimulai saat saksi berinisial DA melihat kejadian kebakaran di Gedung Sentra Mulia lantai lima yang merupakan tempat penyimpanan perlengkapan. Pada awalnya pengelola gedung bersama petugas keamanan berusaha memadamkan api, namun karena asap semakin tebal kemudian menghubungi pihak Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan. Laporan kebakaran diterima Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan pada pukul 11.08 WIB. (tia)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03