29 March 2024 - 17:51 17:51

Hadapi Vietnam, Shin Tae Yong Siapkan Jurus Baru

WartaPenaNews, Jakarta – Berbeda mengahadapi Thailand, Timnas Indonesia bakal menghadapi tantangan berat saat berjumpa Vietnam pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Menurut jadwal, duel antara timnas Indonesia dan Vietnam akan digelar di Stadion Al Maktoum, Dubai, besok Senin (7/6/2021) pukul 23.45 WIB.

Pertandingan antara kedua tim ini bakal menjadi panggung tersendiri bagi dua juru taktik asal Korea Selatan, yakni Shin Tae Yong di kubu timnas Indonesia dan Park Hang-seo di timnas Vietnam.

Dari kubu lawan, timnas Vietnam arahan Park Hang-seo memiliki banyak keunggulan. Pertama, kondisi stamina mereka masih bugar.

Sebab, skuad Garuda sudah bertanding satu kali, yakni saat menahan imbang Thailand dengan skor 2-2 pada Kamis (3/6/2021). Sementara tim lawan belum bertanding.

Tak hanya itu, Park Hang-seo juga memantau pertandingan antara Indonesia dan Thailand yang berlangsung di Uni Emirat Arab itu.

Pelatih berusia 63 tahun itu tampak mencatat peristiwa demi peristiwa yang terjadi sepanjang jalannya laga.

Kondisi ini jelas membuat kubu lawan lebih diuntungkan karena sudah mengantongi peta kekuatan skuad asuhan Shin Tae-yong.

Apalagi, skuad Garuda menampilkan banyak kelemahan pada pertandingan tersebut. Mulai dari buruknya koordinasi antarlini, hingga sisi pertahanan yang relatif rapuh.

Fokus para pemain bertahan juga terbilang buruk. Sebab, dua gol Thailand semuanya tercipta lima menit saat babak baru dimulai, tepatnya pada menit ke-5 dan 50.

Kedua gol itu juga sama-sama membuktikan lemahnya komunikasi antarpemain di sektor pertahanan.

Yang jelas, situasi itu disadari sepenuhnya oleh pelatih timnas Indonesia. Oleh karena itu, salah satu antisipasi terbaik yang bisa dilakukan ialah mencari taktik yang baru.

“Jujur saya tidak tahu apabila Park Hang-seo datang dan menyaksikan pertandingan hari ini,” kata Shin Tae-yong.

“Vietnam pasti punya keunggulan karena bisa menganalisis pertandingan kami, tetapi kami tetap akan menampilkan yang terbaik atau mungkin dengan taktik yang baru,” ujarnya.

Selain itu, kerugian lain juga tengah dialami timnas Indonesia jelang duel melawan skuad berjulukan Golden Star tersebut.

Sebab, dua pemain andalan skuad Garuda, Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri, diragukan tampil karena cedera. Keduanya sama-sama ditarik keluar pada babak kedua laga kontra Thailand.

Saat ini, perkembangan kondisi kedua pemain yang berkarier di Eropa ini terus dipantau oleh jajaran tim dokter timnas Indonesia.

Jika mereka tak bisa bermain, ini akan menambah daftar panjang pemain cedera di timnas Indonesia.

Sebelumnya sudah ada tiga pemain yang mengalami cedera. Mereka adalah Andy Setyo, Ryuji Utomo, dan Koko Ari Araya.

Tiga pemain yang disebutkan terakhir ialah pilar-pilar yang bisa mengisi sektor pertahanan skuad Garuda.

Ketidakhadiran mereka juga turut berpengaruh terhadap kualitas sektor belakang. Pasalnya, Ryuji Utomo dan Andy Setyo merupakan pemain senior yang punya pengalaman.

Absennya dua pemain ini juga terlihat jelas pada laga melawan Thailand. Sebab, Indonesia harus memainkan bek-bek minim jam terbang di level internasional seperti Rizky Ridho dan Arif Satria.

Meskipun demikian, semangat dan daya juang yang ditampilkan Evan Dimas dan kawan-kawan menjadi modal berharga untuk menghadapi Vietnam.

Apabila hal ini dapat dipertahankan, timnas Indonesia berpeluang untuk menang atau minimal kembali menahan imbang tim lawan.

Sebab, itulah yang sempat dikatakan Shin Tae-yong pascapertandingan lawan Thailand.

“Jika bertanding seperti hari ini dengan kemauan tinggi, kalau begitu pasti pertandingan berikutnya bisa jadi lebih baik lagi,” ujarnya. (bas)

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, Arif Satria, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Kadek Agung, Syahrian Abimanyu, Yakob Sayuri, Evan Dimas, Osvaldo Haay; Kushedya Hari Yudo;

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03