25 April 2024 - 23:10 23:10

Hapernas Virtual Expo 2021, Sektor Perumahan Bisa Bertahan Di Tengah Pandemi

WartaPenaNews, Jakarta – Adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia ternyata tidak menyurutkan semangat dari para pelaku pembangunan perumahan di Indonesia untuk tetap membangun rumah bagi masyarakat. Sektor properti Indonesia hingga saat ini bahkan tetap bertahan dan tetap tumbuh sekaligus menopang perekonomian masyarakat.

“Sektor perumahan sebagai bagian dari pembangunan infrastruktur hingga saat ini masih bisa bertahan di masa pandemi,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat membuka kegiatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Virtual Expo 2021 secara daring di Jakarta, Jum’at (20/8/2021).

Pembukaan Pameran Hapernas Virtual Expo ini diikuti oleh perwakilan dari Kementerian Keuangan, Pengembang Perumahan dari berbagai asosiasi pengembang, kalangan perbankan penyalur kredit bersubsidi pemerintah, serta masyarakat umum. Dalam pameran yang dilaksanakan Kementerian PUPR selama 11 hari mulai tanggal 20 – 31 Agustus 2021 tersebut masyarakat bisa mendapatkan informasi rumah bersubsidi dari seluruh Indonesia.

Sebanyak 40 perbankan penyalur kredit rumah bersubsidi dan 400 pengembang dari seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Untuk mendapatkan berbagai informasi perumahan di Indonesia ini, masyarakat dapat mengakses langsung secara online dengan mengklik laman www.hapernas2021.com.

Pihak panitia Hapernas Virtual Expo 2021 juga telah melengkapi fitur informasi secara virtual dan stan pameran dalam bentuk desain 3D dan fitur interaktif untuk memudahkan komunkasi antara pengunjung dan petugas yang berjaga di stan virtual tersebut.

Menurut Menteri PUPR, pelaksanaan Program Sejuta Rumah juga menjadi salah satu upaya pemerintah untuk dapat memelihara dan meningkatkan gairah serta semangat pelaku pembangunan perumahan. Apalagi saat ini masyarakat sangat membutuhkan tempat tinggal yang layak huni serta terjangkau sehingga bisa terhindar dari paparan Covid-19.

Untuk mendapatkan informasi terkait hasil pembangunan perumahan di masa pandemi ini, imbuhnya, masyarakat bisa mengakses berbagai informasi melalui pameran Hapernas Virtual Expo 2021. Melalui pameran tersebut, dirinya juga berharap masyarakat bisa melakukan akad kredit dan memperoleh banyak manfaat karena dilaksanakan secara online.

Pada kegiatan tersebut, Menteri PUPR juga memberikan sejumlah pesan kepada para pimpinan di unit kerja Kementerian PUPR serta perwakilan dari Kementeriann/ Lembaga terkait, para pengembang serta kalangan perbankan yang bergerak di sektor perumahan di Indonesia. Hal tersebut diperlukan agar pembangunan perumahan bisa dilaksanakan sesuai peraturan dan kebijakan pemerintah dan membantu masyarakat untuk memiliki hunian yang layak huni.

Pesan pertama adalah setiap unit kerja di Kementerian PUPR serta Kementerian / Lembaga bertugas untuk menyediakan rumah yang layak terjangkau bagi masyarakat. Salah satu hal yang dapat dilaksanakan adalah dengan menyalurkan berbagai program perumahan serta pembiayaan perumahan yang bisa diakses masyarakat dengan mudah.

“Kuota untuk pembiayaan perumahan tahun depan akan ditingkatkan karena kebutuhan masyarakat akan rumah bersubsidi terus meningkat,” terangnya.

Selanjutnya, pesan yang ke dua adalah pembangunan rumah yang dilaksanakan tidak hanya untuk memenuhi target semata tapi juga harus memiliki kualitas yang baik. Penyaluran subsidi rumah masyarakat yang mengadung unsur dana APBN harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

“Kualitas dan mutu bangunan rumah bersubsidi harus baik dan tidak bisa di tawar lagi. Kami akan terus melakukan pengawasan baik langsung ke lapangan maupun dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Jadi masyarakat punya ha katas hunian yang baik sedangkan pengembang perumahan berkewajiban membangun rumah yang berkualitas,” tandasnya.

Ketiga adalah pemerintah akan terus mendorong pelaku pembangunan melalui penyaluran insentif berupa relaksasi PPN sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan. Sktor perumahan juga dinilai ikut menjaga serta mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Di kuartal kedua sektor properti diyakini bisa tetap tumbuh dengan adanya insentif dan diharapkan penjualan rumah juga bisa terus meningkat. Saya harap dari hasil pameran ini akan ada akad kredit masyarakat yang ingin membeli rumah secara online,” harapnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03