29 March 2024 - 05:02 5:02

Harga Daging Sapi Tembus 150 Ribu per Kg Menjelang Lebaran

WartaPenaNews, Jakarta -  Menjelang Hari Raya Idul Fitri warga memadati pasar tradisional untuk berbelanja kebutuhan Lebaran. Salah satu komoditas yang paling dicari adalah daging sapi. Maka tak heran jika harganya melonjak cukup tinggi. Selain pembelinya banyak, pasokannya juga terbatas.

Seperti terpantau di Pasar Khusus Daging Sapi di Jalan Banteng Kota Semarang Jawa Tengah, Rabu pagi, 12 Mei 2021. Sejak lepas Subuh warga sudah datang untuk membeli daging sapi.

Salah satu pedagang daging di Pasar Banteng Semarang mengatakan, sejak tiga hari ini ia terus menambah stok. Apalagi pada satu hari menjelang Lebaran hari ini. Ia yang menyiapkan daging lebih dari lima kuintal, sudah habis pada jam tujuh pagi. Ia menandatangkan stok lagi karena permintaan masih bertambah.

“Di sini kebanyakan yang beli pedagang daging untuk dijual lagi, serta pedagang bakso. Karena besok Lebaran libur, maka banyak yang beli untuk persediaan. Khusus jelang Lebaran seperti sekarang, pembelinya semakin banyak karena warga yang lain juga membeli daging untuk hidangan Lebaran,” kata Syaiful, pedagang Pasar Banteng Semarang, Rabu 12 Mei 2021.

Ia menambahkan, pedagang di Pasar Daging jalan Banteng Semarang ini, pada H-1 Lebaran stoknya ditambah. “Tapi ya kalau siang tinggal sedikit,” lanjutnya.

Terkait harga, Syaiful mengatakan, naiknya lumayan banyak. Saat ini daging paling bagus tembus Rp150 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya masih di angka 115 hingga 120 ribu rupiah.

“Mulai naik semenjak puasa, dari Rp110 ribu ke 115 ribu, lalu 120 ribu per kilo. Nah, sejak tiga hari jelang lebaran sampai sekarang H min satu, harga daging paling bagus 150 ribu. Kalau yang biasa ya antara 125 hingga 130 ribu lah,” jelasnya.

Tak hanya di Kota Semarang, harga daging sapi juga naik tajam di Kabupaten Kendal. Seperti terpantau di Pasar Boja. Harga daging sapi tembus Rp140 ribu. Atau naik Rp30 ribu dari harga hari biasa yang Rp110 ribu per kilogram

“Stoknya sudah menipis ini mas. Kalau harga sudah seminggu ini naik bertahap. Dari 110, lalu 125, sekarang 140 ribu per kilo,” kata Bu Ais, pedagang daging Pasar Boja.

Sementara itu warga yang membeli daging sapi tak bisa berbuat apa-apa. Mereka mau tak mau membeli daging dengan harga yang ada. Mereka juga maklum karena sudah terbiasa jika menjelang Lebaran memang harga-harga naik, terutama daging sapi dan ayam kampung.

“Memang gitu kalau mau Lebaran pada naik harga. Yang beli banyak, stok terbatas. Pedagang juga ambil untung lebih banyak, tapi kalau nggak kebangetan sih, wajar lah,” kata Indri, warga Boja.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03