20 April 2024 - 15:46 15:46

Hati-hati, 3 Golongan Orang Ini Rentan Terkena Covid-19

WartaPenaNews, Jakarta – Virus corona yang telah mengamuk selama sekitar satu bulan kini semakin mengkhawatirkan warga dunia.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan sejauh ini, para ahli masih sulit untuk menyimpulkan apakah virus ini hanya menyerang orang-orang tertentu atau tidak.

Tetapi pengaruh virus corona memang terlihat lebih buruk pada beberapa orang. Siapa mereka? Apakah kita termasuk?

1. Lansia, terutama mereka yang sakit kronis

Orangtua tampaknya sangat rentan terhadap wabah yang sedang berlangsung ini. Mengutip New York Times, dari 17 orang yang pertama kali meninggal, 13 di antaranya adalah pria lanjut usia, yaitu lebih dari 48 tahun.

Baca Juga: Donald Trump Rela Habiskan Rp13 Miliar per Hari Demi Kampanye di Youtube

Rumah sakit juga mencatat bahwa kebanyakan dari mereka memiliki riwayat penyakit kronis sebelumnya. Mulai dari hipertensi, sirosis, diabetes, parkinsonisme, dan penyakit pernapasan.

2. Wanita hamil

Kelompok kedua orang yang lebih rentan terhadap virus corona adalah wanita yang sedang hamil. Terlebih lagi jika mereka memiliki riwayat disfungsi hati dan ginjal sebelumnya.

Dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, kondisi ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil relatif lebih lemah dari yang lain. Akibatnya, virus corona lebih mudah menyerang mereka.

3. Penderita disfungsi hati dan ginjal

Menurut sumber yang sama, selain wanita hamil, kelompok yang paling rentan terhadap virus corona adalah mereka yang memiliki disfungsi hati atau ginjal. Jika daya tahan tubuh seseorang lemah, efeknya akan lebih menyiksa. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03