29 March 2024 - 15:58 15:58

Hati-Hati, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang akan Terjadi di Wilayah Ini

Ilustrasi hujan

WartaPenaNews, Jakarta– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan hujan lebat disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia seperti di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari laman BMKG di Jakarta, Kamis disebutkan, prakiraan hujan lebat disertai angin dan petir berpotensi terjadi Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Provinsi lain yang berpotensi mengalami hal serupa adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi dan Kalimantan Selatan.

BMKG juga memprakirakan potensi angin kencang dapat terjadi di wilayah di Aceh, Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Terkait potensi hujan tersebut, BMKG memperingatkan beberapa daerah masuk dalam kategori waspada banjir pada hari ini seperti Bengkulu, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Wilayah lain yang masuk kategori waspada banjir yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Potensi hujan di beberapa wilayah itu sendiri disebabkan adanya faktor sirkulasi siklonik yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin atau konvergensi di beberapa titik seperti memanjang di Aceh dan perairan barat Lampung dan di Jawa Tengah.

Situasi yang sama terpantau juga di perairan selatan Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar, di perairan selatan NTT, di Maluku, di Papua Barat dan Papua. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03