25 April 2024 - 09:10 9:10

Heboh, Penampakan Awan Mirip UFO di Turki

wartapenanews.com –   Kamis (19/1) pagi adalah saat tak biasa di Turki. Menjelang matahari terbit, sebuah awan aneh terbentuk di kota Bursa, Turki.

Awan tersebut membentuk motif bulat berlapis menyerupai mata raksasa di atas langit. Letak detailnya yakni di Bursa, 64 km selatan Istanbul. Fenomena tersebut menjelang matahari terbit.

Ada faktor cuaca yang mengagumkan terjadi di balik layar. Dilansir Washington Post, awan jenis ini disebut awan lentikular.

Awan lentikular adalah awan yang membentuk lapisan dari massa awan yang punya kepadatan berbeda. Dengan kepadatan berbeda tersebut, awan bertumpuk membentuk tingkatan vertikal.

Namun kasus yang berbeda terjadi di awan Turki. Di sisi kota Bursa terdapat Gunung Uludag setinggi 2,5 km bersandar di pinggir kota.

Awan tersebut mengganggu lingkungan awan dengan mendorong angin ke atas. Awan yang harusnya bertingkat, terdorong menimpa awan yang di lapisan atas. Ketimbang membentuk tingkatan vertikal, mereka menjadi “mata” berlapis.

Hal lain yang membuat awan Bursa ini spesial adalah, waktu terjadinya. Menjelang matahari terbit, cahaya matahari berwarna jingga-merah karena cahaya biru terhambur di atmosfer lebih dulu. Cahaya ini mewarnai awan menjadi jingga megah yang memanjakan mata. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 08:31
Dibantu Joe Biden, Rp276 Triliun akan Dikirim ke Israel

WARTAPENANEWS.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memastikan akan segera mengirimkan paket bantuan luar negeri sebesar USD17 miliar (Rp276 triliun) untuk Israel, serta USD9 miliar (Rp146 triliun) untuk warga

01
|
25 April 2024 - 08:12
Mobil Rubicon Rafael Alun Dilelang Rp809 Juta

WARTAPENANEWS.COM - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melelang mobil Jeep Rubicon hasil sitaan dari Mario Dendi Satrio, anak mantan pejabat pajak Rafael Alun. Berdasarkan informasi di akun Instagram

02
|
25 April 2024 - 07:32
Hingga Pagi Ini, 5 RT di Jakarta Selatan Masih Tergenang Banjir

WARTAPENANEWS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan masih ada 5 Rukun Tetangga (RT) masih tergenang banjir hingga Kamis (25/4/2024) pukul 06.00 WIB. Petugas Pusdatin BPBD DKI Jakarta,

03