28 April 2024 - 04:42 4:42

Heboh Surat Suara di Taipei Bocor

WARTAPENANEWS.COM –  Capres 03 Ganjar Pranowo kembali menanggapi kebocoran surat suara untuk WNI di Taipei yang sudah menerima surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden dan viral di medsos. Ganjar mengatakan Komisi II DPR harus segera memanggil KPU karena alasan kelalaian kurang masuk akal.

“Ya saya kira komisi II harus segera memanggil KPU dan mengklarifikasi itu, karena lalai itu rasanya agak lucu gitu ya,” kata Ganjar di Pasar Kebon Agung, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (30/12).

Apalagi, menurut dia, KPU sudah memiliki jadwal pasti untuk melakukan distribusi surat suara.

“Lalai itu agak lucu, karena pasti persiapannya sudah terjadwal, masa ada yang lalai gitu ya. Itu kurang cermat itu,” tutup eks Gubernur Jateng itu.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy’ari buka suara soal video viral yang menampilkan seorang WNI di Taipei telah menerima surat suara Pilpres 2024.

Hasyim mengatakan, surat itu dikirimkan tidak sesuai aturan KPU sehingga dikategorikan rusak dan tidak sah dalam perhitungan suara.

Apa yang dilakukan PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) Taipei mengirimkan surat suara kepada pemilih tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh KPU nomor 25/2023,” kata Hasyim dalam konferensi pers di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (26/12).

Jadi kalau boleh dikatakan terdapat kelalaian atau ketidakcermatan PPLN Taipei, itu yang paling utama,” tambahnya.

Hasyim mengatakan, dalam aturan KPU harusnya surat suara baru dikirimkan ke masing-masing PPLN Taipei pada 2-11 Januari 2024. Totalnya ada 175.145 surat suara yang harusnya dikirimkan oleh PPLN kepada pemilih.

Namun, PPLN Taipei sudah mengirimkan surat suara kepada pemilih secara bertahap sejak 18 Desember 2023 dan 25 Desember 2023. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03