7 May 2024 - 06:11 6:11

Hingga Saat Ini Planetarium TIM Belum Juga Dibuka, Ini Alasannya

wartapenanews.com – Taman Ismail Marzuki (TIM) sebagian besar wilayahnya telah rampung direvitalisasi dan dibuka untuk umum sejak pertengahan 2022. Namun hingga saat ini, kawasan Planetarium yang menjadi salah satu primadona TIM sejak puluhan tahun lalu belum juga rampung.

Revitalisasi TIM memang dikerjakan dalam tahapan yang berbeda, tahapan renovasi Planetarium masuk dalam paket pengerjaan tahap 3.

Dalam prosesnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pihak penanggung jawab revitalisasi membagi pengerjaan menjadi dua bagian yaitu revitaliasi bangunan baik interior maupun eksterior dan perbaikan star ball.

“Planetarium itu sebetulnya kalau boleh saya bagi dua (tahapan pengerjaannya), bangunan dan star ball perangkat ya. Kalau bangunannya kan, eksterior dan interior semua udah selesai,” kata VP Corporate Secretary Jakpro, Syachrial Syarief, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (4/4).

Star ball ialah proyektor pertunjukan simulasi langit di Teater Bintang yang menjadi bagian Planetarium. Pengadaannya masih terhambat. Jakpro hingga saat ini belum mampu untuk mengganti alat tersebut dengan jenis yang baru.

“Yang sekarang sedang diusahakan atau tertunda pemasangannya itu star ball. Karena mengadakan star ball cukup mahal, mungkin kita akan siapkan alternatif lain supaya Planetarium jadi sarana belajar lagi buat kita semua,” lanjut Syachrial.

Salah satu opsi jangka pendek adalah dengan melakukan perbaikan pada star ball yang ada. Sebenarnya upaya perbaikan ini pun sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu.

“Star ball ini opsinya diperbaiki atau diganti baru. Kalau diperbaiki ternyata mahal dan hampir sama dengan beli baru. Beda-beda dikit (harganya). Jadi sedang kita upayakan alternatif lain supaya Planetarium ini bisa jalan,” pungkasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03