29 March 2024 - 14:39 14:39

HIPMI Paparkan Peluang & Strategi Berbisnis di Tengah Pandemi

WartaPenaNews, Jakarta – Indonesia yang dilanda pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 hingga saat ini, masyarakat Indonesia sudah terbiasa menjalani kehidupan sehari-hari di tengah pandemi yang juga berbarengan dengan dunia telah masuk dalam revolusi 4.0 dimana dalam revolusi ini hampir semua kehidupan bisa dilakukan berbasis online.

Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bagas Adhadirgha menjelaskan, dunia bisnis juga terkena dampak efek dari pandemi Covid-19, dimana beberapa sektor usaha yang mengalami penurunan akibat pandemi seperti sektor transportasi atau akomodasi dengan penurunan -45 persen.

“Walaupun begitu, di sisi lain industri yang terkait dengan aktivitas hobi, makanan dan personal care naik lebih 50 persen. Inilah yang harus kita lihat sebagai peluang. Dan penerapan digital marketing harus diimplementasikan untuk setiap pengusaha karena semua sudah bergerak di digital,” ungkap Bagas dalam webinar HIPMI x PLN Batam di Jakarta (15/6).

Dalam webinar dengan tema ‘Tren dan Peluang Bisnis di Masa Pandemi – Kejar Pendapatan Miliaran Rupiah Melalui Bisnis Online Rumahan, Bagas menjelaskan, beberapa hal terkait dengan peluang dan strategi berbisnis di tengah pandemi.

“Dengan big data yang kita dapat ini, bisa dilihat bahwa ada peluang-peluang baru yang muncul di era pandemi. Dan untuk pengusaha muda yang baru memulai usaha, bisa memaksimalkan dengan peluang-peluang yang tercipta karena Pandemi Covid-19,” kata Bagas.

Bagas juga menjelaskan, strategi yang digunakan bisa menggunakan cloud computing karena menawarkan elastisitas juga memungkinkan penerapan inovasi dan redefinisi ulang layanan serta bisnis dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, penggunaan cloud computing juga mendukung target pemilik bisnis untuk melakukan ekspansi layanan dengan cepat dan mudah.

Untuk meminimalkan dampak Covid-19, pemerintah membantu dengan disahkannya UU tentang Cipta Kerja yang memihak bagi sektor usaha dengan mempermudah perizinan dan menciptakan iklim investasi yang baik. Dan juga memberikan kemudahan bagi pelaku usaha di era pandemi Covid-19 ini.

“Agar kita sebagai bangsa dapat bangkit dan bisa mencapai tujuan kita bersama di tahun 2045, yaitu Indonesia Emas. Perlu implementasi teknologi digital seperti cloud computing dan. HIPMI juga lahirkan program HIPMI Digital Academy untuk melahirkan talenta muda yang punya digital skills,” ujarnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03