20 April 2024 - 22:22 22:22

Imigrasi Bikin Layanan Pembuatan Paspor jadi Dalam Sehari

wartapenanews.com  –  Imigrasi sudah meluncurkan layanan pembuatan paspor sehari jadi. Biaya permohonannya ialah sebesar Rp 1 juta.

Harga pembuatan paspor sehari jadi ini lebih mahal dibanding dengan permohonan paspor biasa, yakni paspor biasa nonelektronik seharga Rp 350.000 dan paspor biasa elektronik Rp 650.000.

Dirjen Imigrasi Silmy Karim menyebut bahwa pembuatan paspor sehari jadi sudah banyak diterapkan di negara lain.

“Paspor sehari jadi, Rp 1 juta, sebenarnya itu di luar negeri juga biasa, ya. Bahkan lebih mahal,” kata Silmy pada Senin (30/1).

Silmy Karim yang dilantik sejak awal Januari 2023 ini menilai program tersebut sudah baik. Ia mendorong program paspor sehari jadi itu untuk lebih bermanfaat.

“PR saya itu bagaimana bikin outlet-outlet satu hari jadi yang banyak, supaya masyarakat bisa cepat.

Tapi masyarakat juga punya pilihan, untuk yang tidak ekspres ya dengan harga yang relatif terjangkau,” papar Silmy.

Ya kan orang mau ke luar negeri kan, tentunya di sini sudah mempertimbangkan segala hal dibandingkan harga tiket dibandingkan dengan harga tamasyanya kan relatif masih gak ada artinya lah. Apalagi itu berlakunya panjang sekali. Nah namanya proses ingin jadi cepat ya wajar lah,” sambungnya.

Meski demikian, ia tak menampik adanya polemik soal biaya paspor sehari jadi tersebut.

“Ya minta maaf lah kalau ada yang protes harganya kemahalan gitu. Tapi menurut saya sih wajar,” ujarnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03