24 April 2024 - 09:12 9:12

Industri MRO Tekan Impor Komponen Pesawat

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut industri perawatan dan perbaikan atau maintenance, repair, and overhaul (MRO) pesawat memiliki peranan penting bagi industri penerbangan karena mampu menekan pengeluaran, salah satunya biaya impor komponen pesawat.

“Selain itu, bisnis industri MRO cukup menjanjikan, seiring meningkatnya sektor pariwisata dan perekonomian di Tanah Air. Bahkan, didukung pula dengan maraknya pembangunan bandara di berbagai wilayah di Indonesia,” kata Menperin lewat keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis (26/12).

Kemenperin memproyeksikan potensi bisnis industri perawatan dan perbaikan pesawat di Indonesia pada tahun 2025 akan mencapai 2,2 miliar dolar AS, naik signifikan dibanding 2016 sebesar 970 juta dolar AS.

Hal ini seiring upaya pemerintah yang memacu pengembangan industri jasa penerbangan dalam negeri sejak 2000 sehingga kinerjanya tumbuh dalam satu dekade terakhir.

“Dalam upaya memacu daya saingnya, industri MRO sudah diberikan berbagai fasilitas insentif fiskal seperti tax holiday dan pembebasan bea masuk,” ujar Agus.

Saat ini, industri MRO di Indonesia diperkuat 32 perusahaan yang tergabung dalam Indonesia Aircraft Maintenance Service Association (IAMSA).

Untuk itu, Kemenperin bersama seluruh pemangku kepentingan terkait terus berkolaborasi guna lebih meningkatkan daya saing industri MRO nasional. Salah satu langkah strategisnya, yaitu pengembangan sumber daya manusia industrinya.

Upaya konkret itu misalnya, Kemenperin dan IAMSA akan bersinergi dalam pembangunan unit pendidikan atau penyediaan tenaga pengajar ahli di bidang perawatan pesawat.

Selanjutnya, dilakukan kerja sama dengan industri yang akan menampung para lulusan tersebut agar mereka dapat langsung terserap kerja.

Kemenperin mencatat Indonesia akan menyerap sebanyak 12-15 ribu tenaga ahli MRO dalam kurun 15 tahun ke depan.

Sementara itu, sekolah-sekolah teknisi penerbangan yang ada di Indonesia saat ini baru menghasilkan 200 tenaga ahli per tahun, sedangkan kebutuhannya mencapai 1.000 orang per tahun. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 07:01
Kecelakaan Beruntun di Sidrap, Satu Orang Tewas

WARTAPENANEWS.COM - Sebanyak 8 unit kendaraan mengalami kecelakaan beruntun di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di poros Parepare - Sidrap, Kampung Pucue, Lawawoi, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Selasa (23/4) siang tadi.

01
|
24 April 2024 - 06:09
Chandrica Chika Ditangkap karena Narkoba

WARTAPENANEWS.COM - Selebgram Chandrika Chika ditangkap Polres Metro Jakarta Selatan atas kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba. Chika dan kelima orang lainnya ditangkap pada Senin (22/4) pukul 23.00 WIB di salah

02
|
21 April 2024 - 08:48
Peringati Hari Konsumen Nasional Sharp Tingkatkan Masa Garansi Kompresor Standing Freezer Menjadi 5 Tahun

WARTAPENANEWS.COM -  Berhasil meraih penghargaan Best Customer Satisfaction di ajang Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award 2024 pada Maret 2024 lalu. Sharp Indonesia terus tingkatkan layanannya demi memuaskan pelanggannya. Beragam strategi

03