Ini Alasannya Kenapa Beras Harus Direndam Dulu Sebelum Dimasak

oleh -
Ilustrasi beras.

WartaPenaNews, Jakarta – Merendam beras sebelum memasaknya dalam waktu yang cukup lama, sangat penting dilakukan. Menurut ahli gizi sekaligus penulis, Rujuta Diwekar, merendam beras sebelum dimasak dapat membantu mengasimilasi kualitas gizi, meningkatkan saluran pencernaan, dan lebih efektif dalam menyerap vitamin dan mineral dari beras.

Selain itu, beras yang direndam terlebih dahulu akan matang lebih cepat dan lebih mengembang, sehingga memungkinkannya untuk mempertahankan aroma dari nasi.

Sementara menurut Manasollasa, pengarang Sansekerta ensiklopedis awal pada awal abad ke-12, mengatakan, mencuci dan merendam beras merupakan langkah penting, karena dapat membantu menghilangkan lapisan yang tidak diinginkan dan membuat nasi menjadi lebih lembut dan mengembang.

Merendam beras juga dapat mempercepat proses memasak, karena setiap butirnya telah menyerap air dan panasnya akan semakin melunakkan setiap butir berasnya, demikian seperti dikutip Times of India.

Menghilangkan asam fitat

Merendam beras juga dapat menghilangkan asam fitat, yaitu zat yang ada pada biji tanaman yang dapat mengganggu penyerapan zat besi, seng dan kalsium dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkap, zat tersebut juga ditemukan dalam jumlah yang tinggi pada jenis polong-polongan dan kacang-kacangan.

Pada dasarnya, asam fitat adalah unit penyimpana fosfor dalam biji-bijian dan menghentikan penyerapan mineral. Merendam beras dalam air, dapat membantu menghilangkan asam fitat tersebut.

Oleh karena itu, bagi orang-orang yang menderita kekurangan seng dan zat besi, disarankan untuk memulai kebiasaan merendam beras terlebih dahulu sebelum memasaknya.

Jenis beras yang bagus untuk direndam

Beras yang berukuran lebih pendek baik untuk direndam dan ini yang biasa digunakan di Indonesia. Sedangkan beras basmati yang berbiji panjang tidak baik untuk direndam, karena menggunakan metode penyerapan dalam memasak dan merendamnya akan memengaruhi teksturnya.

Berapa lama merendam beras?

Menurut sebuah penelitian, beras cokelat, hitam dan merah yang tidak dipoles harus direndam selama 6-12 jam, dan beras merah yang telah dipoles harus direndam selama 4-6 jam. Beras ketan paling baik direndam semalaman. Sementara beras basmati, lebih baik direndam selama 15-20 menit saja.(mus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.