24 April 2024 - 04:37 4:37

Ini Cara Adaptasi Kebiasaan Baru Berbisnis ala Indra Uno

WartaPenaNews, Jakarta – Situasi Pandemik Covid-19 membuat pelaku usaha beradaptasi dalam mempertahankan usahanya. Cara adaptasi kebiasaan baru (Cakeb) dalam berbisnis dikarenakan tadinya 70 persen tatap muka, sekarang tidak lagi.

Sementara itu, media Whatsapp dapat dikatakan saat ini menjadi salah satu media yang kuat selama pandemic dalam berjualan.

“Cara adptasi kebiasaan baru berbisnis saat ini dimulai dari go online, salah satu media yang paling efektif dlaam berjualan adalah whatsapp, setelah itu kita juga harus memeriksa cashflow, serta planning, rencana kita harus direvisi atau dirombak, apakah harus banting stir usaha atau tidak?,” terang Co Founder OK OCE Indonesia Indra Uno dalam webinar bersama Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM, Kamis, 16 Juli 2020.

Indra menjelaskan, dalam situasi seperti ini, maka pelaku usaha akan melalui 3 fase. 3 fase yang akan mereka lalui adalah fase survive (bertahan), dimana masyarakat mau tidak mau harus bertahan, karena setelah itu mereka harus bangkit lagi. Fase terakhir adalah fase bangkit, mereka bangkit untuk berkembang lagi.

Dalam 3 fase tersebut, yang paling penting adalah fase bertahan. “Karena kalau kita usaha tidak bertahan alias bangkrut begitu masuk fase yang kedua tidak ada lagi yang harus dikembangka,” ungkap Indra.

Pelaku usaha perlu lakukan ini jika ingin usahanya tidak gulung tikar, yaknimakan tabungan, asset dan pinjaman. “Mantap (Makan Tabungan) karena omzet turun, biaya stabil sehingga kita harus korek tabungan kita untuk menutup , Manset (Makan Aset) non produktif , kita melikuidasi/menggadaikan/menjual asset yang kita miliki. Kalau usaha kuliner, di luar kompor, tabung gas, dll tapi misalnya sofa, tv, motor, jika mantap dan manset sudah habis, maka Manjam (Makan Pinjaman) ke keluarga, sahabat terdekat karena mereka yang paling paham karakter kita, “ tambah Indra.

Dalam melakukan pinjaman, Indra tidak menyarankan ke Bank, atau tempat kredit lainnya, sebaiknya ke orang terdekat karena merekalah yang mengerti tentang karakter peminjam.

Dalam sesi terakhir, Indra mengajak masyarakat untuk tetap optimis menghadapi situasi pandemic ini, serta mengajak para peserta untuk terus membuka lapangan pekerjaan baru agar dapat mengurangi rantai pengangguran. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03