10 May 2024 - 21:22 21:22

Ini Daerah dengan Angka Penularan dan Kematiannya Tinggi, Jakarta Termasuk?

luhut binsar

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyebut sejumlah daerah di Jawa dan Bali mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah karena penularan Covid-19 yang tinggi serta kasus kematian yang tinggi. Daerah tersebut antara lain, Bali, Malang Raya, DIY dan Solo Raya.

“Tapi semua daerah tersebut sudah ditangani sehingga angkanya sedikit membaik,” ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Dia juga mengatakan sebanyak 12 kabupaten/kota di Jawa dan Bali mendapatkan pelonggaran pembatasan karena masuk ke PPKM level 3. Sementara satu kabupaten masuk ke PPKM level 2.

“Beberapa kabupaten/kota masuk ke level 4. Bukan karena tingkat penularan yang tinggi, tetapi karena peningkatan kasus kematian,” ujar Luhut

Pada kesempatan yang sama, Luhut meyakini kasus penyebaran covid-19 dalam seminggu ke depan akan membaik. Artinya tren penurunan kasus bisa terjaga seperti dalam seminggu terakhir. “Kami yakin dalam 1 minggu ke depan membaik,” ungkap Luhut.

Data terakhir, sejak puncak kasus pada 15 Juli 2021, ada penurunan kasus positif harian sampai dengan 50 persen. Menurut Luhut, hal itu disebabkan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sejak awa Juli.

Pemerintah juga tetap berupaya menurunkan kasus kematian yang saat ini masih tercatat tinggi. Salah satunya mempercepat perawatan kepada pasien yang terindikasi alami kondisi berat saat terinfeksi covid.

“Pemerintah lakukan intervensi misalnya taskforce jemput yang positif bawa ke isolasi terpusat dan isolasi terpusat baru di wilayah ini didorong peran serta TNI POLRI dan pemda dan juga penjemputan masyarakat isolasi mandiri,” terangnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
10 May 2024 - 12:34
Di Pilgub Jatim, Khofifah Ingin Berpasangan Lagi dengan Emil Dardak

WARTAPENANEWS.COM – PAN menyatakan kesiapannya mendukung penuh Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju di Pilgub Jatim 2024. Khofifah ingin kembali maju Pilgub Jatim berpasangan dengan wakilnya, Emil Elestianto Dardak atau Emil

01
|
10 May 2024 - 11:13
Polisi Selidiki Terkait Wanita di Kebayoran Baru Jadi Korban Begal Payudara

WARTAPENANEWS.COM –  Aksi begal payudara terjadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (7/5) malam. Peristiwa itu terekam CCTV dan viral di sosial media. Dalam video yang beredar, terlihat

02
|
10 May 2024 - 10:51
Pedangdut Senior Jhonny Iskandar Tutup Usia

WARTAPENANEWS.COM – Pedangdut senior Jhonny Iskandar meninggal dunia di usia 63 tahun, pada Jumat (10/5/2024). Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Dewi, salah satu keponakan sang pedangdut. "Iya, Jhonny Iskandar sudah

03