25 April 2024 - 20:58 20:58

Ini Kata Pakar Bahan Bakar Soal Keuntungan Pakai BBM Berkualitas Bagi Kendaraan

WartaPenaNews, Jakarta – Ahli Bahan Bakar dan Pembakaran Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto Zaenuri mengatakan pemakaian bahan bakar minyak (BBM) berkualitas akan berpengaruh terhadap kendaraan. Dia menuturkan penggunaan BBM berkualitas seperti Pertamax series akan berpengaruh pada performa mesin kendaraan.

“Kendaraan akan memiliki performa yang lebih cepat dan tinggi. Selain itu gas buang yang dihasilkan akan jauh lebih ramah lingkungan dan penggunaan bahan bakar lebih efisien,” ujar Tri ketika dimintai komentarnya, Selasa (29/6/2021).

Menurutnya, produk otomotif berstandar Low Cost Green Car (LCGC) sudah mensyaratkan penggunaan bahan bakar Euro 92. Persyaratan ini diterapkan guna menghasilkan kendaraan yang lebih hemat dan efisien. Jika masih ada komsumsi bahan bakar kendaraan lebih dari 20 km per liter, tidak bisa dikategorikan mobil LCGC.

“Jika kita mengikuti rekomendasi dari produsen, maka performa kendaraan akan sesuai dengan yang dirancang,” sambung Tri.

Dia menuturkan, jika kendaraan diisi dengan bahan bakar tidak sesuai dengan rekomendasi produsen, seperti RON 98, maka akan muncul persoalan pada mesin. “Jika diisi dengan bahan bakar tidak sesuai rekomendadi, maka muncul masalah pada mesin. Bahan bakar lebih boros dan bisa mencemari lingkungan,” ujar Tri.

Tak hanya kendaraan roda empat, Tri mengatakan penggunaan bahan bakar berkualitas juga sudah diterapkan kepada kendaraan roda dua. Sejak tahun 2013, produsen tak lagi memproduksi sepeda motor dengan mesin kabulator melainkan menggunakan sistem injection.

“Jika tidak lolos uji emisi Euro3 sebaiknya kendaraan itu tidak dijual. Jadi sebenarnya baik itu kendaraan roda empat ataupun roda dua, harus menggunakan bahan bakar berkualitas,” pungkas Tri. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03