18 April 2024 - 13:28 13:28

Ini Makanan dan Minuman untuk Mengobati Demam Berdarah

WartaPenaNews, Jakarta -  Demam berdarah adalah infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk yang disebabkan oleh virus dengue. Sering terjadi di iklim tropis dan lembab, di mana nyamuk yang terinfeksi sangat mudah berkembang biak dan bertambah populasinya. Virus dengue ditularkan oleh nyamuk betina terutama dari spesies Aedes aegypti.

Untuk mengurangi dan mencegah penyebaran virus, penting untuk membersihkan tempat-tempat di mana nyamuk dapat berkembang biak. Meskipun demikian, tindakan pencegahan seperti penggunaan obat nyamuk, mengurangi pengumpulan air melalui modifikasi lingkungan, dan dengan mengenakan pakaian yang menutupi seluruh kulit bisa sangat efektif.

Virus dengue dapat memicu berbagai gejala mulai dari gejala seperti flu seperti demam tinggi, otot, nyeri sendi, sakit kepala dan mual hingga komplikasi medis yang parah seperti demam berdarah, mengakibatkan pendarahan, rendahnya kadar trombosit darah dan kebocoran plasma darah.

Pada 2019, Food and Drug Administration (FDA) menyetujui vaksin yang disebut Dengvaxia untuk membantu mencegah penyakit ini terjadi pada remaja berusia 9 hingga 16 tahun yang telah terinfeksi demam berdarah.

Namun, belum ada vaksin yang dapat mencegah penyakit tersebut sepenuhnya. Konon, berikut beberapa makanan yang bisa membantu Anda mengobati virus dengue dilansir dari Times of India.

Daun pepaya

Daun pepaya dikenal karena sifat anti-malaria dan penyembuhannya yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh, yang sangat penting saat menderita demam berdarah. Yang perlu dilakukan hanyalah mengambil dua lembar daun pepaya segar, hancurkan dan peras lalu ekstrak sarinya.

Bubur

Bubur yang sehat berpotensi untuk menjaga kekuatan tubuh bagian dalam, mudah ditelan dan dicerna dan memiliki nutrisi efektif yang membantu mencegah virus.

Brokoli

Brokoli mengandung vitamin K dan sifat antioksidan, brokoli dapat membantu menghasilkan trombosit darah, yang sangat diperlukan untuk penderita demam berdarah.

Buah kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin A, vitamin E, bersama dengan potasium untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh, membatasi tekanan darah tinggi. Buah kiwi yang kaya tembaga membantu membangun sel darah merah yang sehat dan memastikan kekebalan yang tahan lama.

Air kelapa

Demam berdarah dapat menyebabkan dehidrasi, itulah sebabnya air kelapa sangat penting untuk mengobati penyakit. Dengan semua mineral dan elektrolit yang diperlukan, air kelapa dapat mengisi kembali tubuh dengan semua cairan yang hilang.

Buah delima

Buah delima adalah sumber yang kaya zat besi, yang sangat bermanfaat bagi darah. Dari memberi tubuh energi maksimal hingga mempertahankan jumlah trombosit darah yang normal, ini dapat membantu mengurangi kelelahan, kelelahan saat menderita demam berdarah. (mus)

 

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03