6 May 2024 - 08:37 8:37

Ini Pengakuan Pemudik Atas Pelayanan Pertamina Selama Mudik Lebaran

WartaPenaNews, Jakarta – Para pengemudi mengaku merasa puas dengan berbagai pelayanan selama perjalanan mudik lebaran tahun ini, khususnya pelayanan yang diberikan oleh Pertamina.

Salah satunya seperti yang diutarakan Humas Pusat Grand Livina Club Indonesia (Gravinci) Fauzul ketika diminta komentarnya oleh awak media, Minggu (9/6/2019).

Menurutnya, secara umum pelayanan yang diberikan oleh Pertamina kepada para pemudik sangat memuaskan, terutama pasokan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Sangat memuaskan serta aplikasi Link Aja sudah diterapkan,” kata Fauzul.

Berdasarkan pantauannya selama perjalanan mudik dari Jakarta via ruas tol Cipali sampai tol Probolinggo Timur (Leces) ataupun sebaliknya, terlihat sepanjang perjalanan para petugas Pertamina sangat sigap dan ramah melayani para pemudik yang membutuhkan tambahan pasokan berbagai jenis BBM bagi kendaraan pribadinya.

Meski terbilang sangat baik, namun Fauzul memberikan sedikit catatan terhadap pelayanan Pertamina di beberapa SPBU di Jawa Timur. Berdasarkan apa yang dialaminya, aplikasi My Pertamina di beberapa ruas tol tersebut belum semua bisa digunakan karena masih proses untuk sosialisasi ke para customer Pertamina.

Tak hanya dari segi BBM, Fauzul mengatakan, keberadaan Rumah Pertamina Siaga di sejumlah ruas tol trans Jawa sangat membantu bagi para pengendara yang tengah melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya. Selain mengisi kebutuhan bahan bakar, fasilitas ini bisa digunakan bagi para pengemudi dan anggota keluarganya untuk beristirahat.

Untuk melancarkan arus mudik dan arus balik lebaran, Pertamina memberikan layanan tambahan, seperti layanan motor kemasan, kiosk Pertamina Siaga dan Rumah Pertamina Siaga. Guna melangkapi layanan ini, Pertamina juga telah membentuk Satgas Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) sejak 21 Mei untuk BBM yang bekerja 24 jam guna memastikan keamanan stok dan suplai BBM.

Rumah Pertamina Siaga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, alat pijat, tempat solat, tempat bermain untuk anak, dan nursery room tempat ibu menyusui membuat pengalaman mudik lebih berkesan.

Selain pelayanan diatas, selama musim mudik lebaran ini Pertamina juga menyediakan SPBU Modular dan Kios Pertamina siaga.

SPBU Modular merupakan layanan BBM tambahan yang disiapkan Pertamina selama masa mudik dan arus balik. Tujuan utama penyediaa layanan ini adalah memecah antrean pengisian BBM di SPBU Reguler. Produk yang disiapkan di SPBU Modular ini adalah Pertamax dan Dex.

Selain SPBU Modular, Pertamina juga menyiapkan layanan BBM tambahan berupa Kios Pertamina Siaga dan Motoris Pertamina Siaga yang siap mengantarkan BBM pada kondisi tertentu.

Sementara pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, keberadaan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di sejumlah ruas jalan tol musti dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum bagi pengguna jalan tol, sehingga baik bagi pengemudi, penumpang, maupun kendaraannya dapat beristirahat untuk sementara.

Keberadaan TIP sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10/PRT/M/2018 mengatur Tempat Istirahat dan Pelayanan Jalan Tol. Di mana ada tiga TIP, yaitu TIP Tipe A, TIP Tipe B dan TIP Tipe C.

“TIP tipe A harus dilengkapi dengan stasiun pengisian bahan bakar (SPBU). Selain dilengkapi berbagai layanan bagi para pengemudi, tipe A yang berada pada ruas jalan tol antar kota dapat dilengkapi fasilitas inap,” kata Djoko.

Dia menambahkan, keberdaaan layanan Pertamina akan memberikan rasa nyaman dan aman kepada para pemudik. Djoko pun menghimbau pemudik bijak tentunya dapat berpikir cerdas dengan tidak memaksa beristirahat di TIP. Selain itu, pemudik yang rata rata bukan pengemudi profesional, tentunya dapat mengukur kemampuan dirinya untuk beristirahat. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03