27 February 2024 - 14:44 14:44

Ini Penyebab Petani Milenial Usia di Bawah 40 Tahun Minim di Sulawesi Utara

WARTAPENANEWS.COM – Sensus Pertanian 2023 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), memunculkan data yang menyebutkan jika saat ini jumlah petani yang berusia di bawah 40 tahun sangat sedikit, sehingga ada ancaman regenerasi yang bisa terjadi.

Data pada Sensus Pertanian 2023, menyebutkan jika jumlah petani yang berusia di bawah 40 tahun atau disebut petani milenial, hanya sekitar 48.687 orang atau hanya 18,93 persen dari total petani yang ada di di daerah dengan sebutan Bumi Nyiur Melambai ini.

“Jumlah petani milenial yang berumur 19 sampai 39 tahun sebanyak 48.687 orang, atau sekitar 18,93 persen dari total petani di Sulawesi Utara,” ujar Kepala BPS Sulut, Asim Saputra.
Diakui oleh Asim, hal ini memang bisa dikategorikan sedikit, mengingat luas lahan pertanian di Sulut yang tergolong masih besar.

Sejumlah faktor yang mempengaruhi hal itu, menurut Asim adalah diidentikannya pertanian dengan hal yang kotor, capek dan juga bekerja di bawah terik matahari yang panas. Selain itu, ada faktor pelibatan anak petani yang berkurang.

“Sekarang anak-anak diminta fokus untuk sekolah. Tidak seperti 10 tahun lalu, pelibatan anak petani untuk menjadi seorang petani masih besar,” ujar Asim.

Asim mengatakan, sistem pendidikan juga ikut berpengaruh, di mana harusnya ada pengenalan-pengenalan soal petani dan pertanian di sekolah, sehingga ada keinginan untuk bertani.

“Bangkitkan kemauan jadi petani itu juga penting,” ujar Asim kembali.

Senada disampaikan, akademisi Unsrat, Dr. Theodora Katiandagho. Dosen di Fakultas Pertanian ini mengaku ada pergeseran pendapat dari anak-anak muda saat ini tentang pertanian. Mereka menilai jika menjadi petani bukanlah pekerjaan yang punya prospek ekonomi baik.

Padahal menurut Theodora, kisah-kisah sukses petani yang mampu menghasilkan pendapatan besar, harusnya juga mereka tahu, sehingga mau untuk terjun ke dunia pertanian.

“Perlu kita ubah lagi mindset atau cara berpikir kaum milenial ini. Memang ada tantangan tersendiri, tapi itu harus dilakukan agar kita ke depan tak mengalami kekurangan petani,” kata Theodora. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03