25 April 2024 - 03:11 3:11

Ini Penyebab Rusia Serang Ukraina

wartapenanews.com – Rusia menyerang Ukraina pada 23 Februari 2022. Hingga Senin (12/12), belum ada tanda-tanda serangan itu akan berakhir. Rusia menyebut, serangan itu sebagai operasi militer khusus.

Hampir 10 bulan berlalu, Kremlin mengungkap mengapa mereka menyerang Ukraina. Pemicunya, karena karena adanya pelanggaran dalam perjanjian Minsk.

“Perjanjian damai antara Kiev dan separatis yang didukung Rusia diabaikan,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, dikutip dari Reuters.

Perjanjian Minsk adalah gencatan senjata antara Ukraina dan separatis pro-Rusia.

Perjanjian itu pertama kali ditandatangani di Ibu Kota Minsk, Belarusia, pada September 2014. Negosiator perjanjian itu datang dari Ukraina, Rusia, dan Organisasi Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluhkan kegagalan dalam mengimplementasikan perjanjian Minsk. Rusia dan Ukraina saling menuduh telah melanggar kesepakatan.

“Tapi ini semua diabaikan oleh peserta lain dari proses negosiasi.Ini semua justru merupakan pendahulu dari operasi militer khusus,” ucap Peskov.

Dari sana, situasi Rusia dan Ukraina semakin memanas. Pada akhir 2021, Rusia mulai mengerahkan tentara mereka ke perbatasan Ukraina.

Akhirnya, pada 23 Februari Rusia secara resmi menyerang Ukraina. Putin meluncurkan operasi militer ke Ukraina Timur.

Tidak lama setelah Putin berbicara, seorang saksi mata mendengar suara ledakan di kejauhan dari ibu kota Kiev. Ledakan juga mengguncang kota Donetsk di Ukraina Timur yang memisahkan diri. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03